Abis Kenalan Dengan Zenfone Max Pro M2, Jadi Pengen Upgrade Max Pro M1

Tiga bulan yang lalu aku baru mendapatkan kiriman dari ASUS Indonesia berupa smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1, sebuah smartphone yang lumayan banyak jadi perbincangan karena sempat menjadi smartphone Ghoib.

Selama tiga bulan itu juga, ASUS Zenfone Max Pro M1 menjadi daily driverku.

Aku merasa spesifikasi dari Zenfone Max Pro M1 sebenarnya sudah cukup baik jika digunakan untuk mendukung aktifitas sehari-hari dan juga bermain game.

Main Game Pakai Zenfone Max Pro M1

Walaupun sudah cukup oke, namun tetap saja ada beberapa hal yang aku rasa kurang pada ASUS Zenfone Max Pro M1. Seperti yang sudah aku review sebelumnya, masalah performa kamera menjadi salah satu titik lemah dari smartphone ini.

Seakan mendengarkan banyak keluhan dari penggunanya, ASUS bergerak cepat untuk menambal masalah kamera yang ada di ASUS Zenfone Max Pro M1 dengan memperkenalkan ASUS Zenfone Max Pro M2. Jarak peluncuran kedua smartphone gaming murah dari ASUS ini juga tidak terlalu jauh karena hanya selang 8 bulanan saja.

Kenalan sama ASUS Zenfone Max Pro M2

Jika ASUS meluncurkan Zenfone Max Pro M2 untuk pertama kali pada tanggal 11 Desember 2018 di Jakarta, maka aku baru bisa kenalan sama smartphone ini pada saat acara ASUS Gathering Bareng Blogger di Yogyakarta tanggal 17 Desember 2018 sore.

Zenfone Max Pro M2
Kenalan sama Zenfone Max Pro M2

Aku sendiri sebenarnya sudah menonton acara peluncurannya secara live, namun rasanya kurang puas dan kurang yakin aja dengan apa yang diinfokan oleh ASUS kalau tidak pegang atau melihat secara langsung sendiri. Apalagi aku juga tertarik untuk upgrade Zenfone Max Pro M1 ke Zenfone Max Pro M2.

Rasa penasaran itu akhirnya benar-benar berakhir ketika aku hadir di Hotel Grand Zuri yang ada di dekat kawasan Tugu Jogja.

Kesan Pertama Tentang ASUS Zenfone Max Pro M2

Pertama kali aku menyentuh Zenfone Max Pro M2 aku merasa kagum karena benar-benar terjadi beberapa perubahan dari sisi desain.

Secara umum desainnya lebih kekinian dan elegan. Layar depan smartphone ini sekarang ada poninya, sedangkan bagian belakang sekarang tampak “meling” atau “berkilau” karena walaupun menggunakan material berbahan plastik, namun dilapisi material yang membuatnya terlihat seperti dilapisi kaca. Jadi smartphone terlihat menggoda.

ASUS Zenfone Max Pro M2
ASUS Zenfone Max Pro M2

Masih berbicara soal desain, ASUS Zenfone Max Pro M2 masih menggunakan slot sim card bertipe triple SIM. Jadi aman banget buat pengguna yang suka menggunakan dual sim card.

Uniknya lagi, ASUS tidak mengubah posisi tombol volume, power, speaker, slot audio tipe 3,5 mm dan slot micro usb yang ada. Semuanya masih sama seperti yang ada pada Zenfone Max Pro M1. Walaupun demikian, aku sedikit menyayangkan karena Zenfone Max Pro M2 masih menggunakan micro USB dan belum mendukung teknologi fast charging.

Baca Juga:   Lindungi Hak Pilih Di Pemilu 2019 Dengan Cara ini

Jika sebelumnya wallpaper smartphone ASUS itu defaultnya lebih cenderung ke wallpaper abstrak, maka hal berbeda ketika aku melihat Zenfone Max Pro M2. Wallpaper defaultnya itu mbak Nikita, salah satu karakter yang ada di game Free Fire. Hal ini seperti ingin menunjukkan bahwa Zenfone Max Pro M2 memang diperuntukkan untuk pecinta game.

Perbaikan Yang Hadir Di Zenfone Max Pro M2

Setelah beberapa saat melihat dan menyentuh Zenfone Max Pro M2, akhirnya aku yakin akan adanya perbaikan dan peningkatan dari seri sebelumnya yakni Zenfone Max Pro M1.

Berikut ini beberapa upgrade yang aku temukan dari Zenfone Max Pro M2:

  • Desain Lebih Kekinian Dan Menarik

Berbeda dengan desain yang dimiliki oleh ASUS Zenfone Max Pro M1 yang berbahan polikarbonat dan terkesan solid, maka Zenfone Max Pro M2 justru hadir dengan desain yang Eye-Cathing dan kekinian.

Pada bagian depannya memiliki layar berponi dengan ukuran layar 6,3 inci FHD+ (2280 x 1080) dengan aspect ratio 19:9 yang dilapisi oleh perlindungan layar Corning Gorilla Glass 6, yang kabarnya menjadi pelindung layar terbaik saat ini.

Zenfone Max Pro M2
Desain ASUS Zenfone Max Pro M2

Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan tampilan wave-pattern yang membuatnya berkilau layaknya smartphone yang belakangan ini hadir di pasar Indonesia.

Jujur ya.. menurutku desain Zenfone Max Pro M2 ini bagus karena terlihat premium dan berkelas, namun bahannya yang terbuat dari plastik membuatnya terasa lebih ringan dan sedikit ringkih. Tapi tenang, tetap ergonomis dan nyaman untuk digenggam kok.

  • Peningkatan Dapur Pacu

Jika pada Zenfone Max Pro M1 ditenagai oleh Prosesor Snapdragon 636, maka Zenfone Max Pro M2 mendapatkan peningkatan karena telah diberikan prosesor Snapdragon 660.

ASUS Zenfone Max Pro M2
Informasi Umum dalam Box Zenfone Max Pro M2

Selain lebih baru dan lebih baik secara performa, Snapdragon 660 juga sudah dilengkapi oleh AI Engine yang mampu membuat performa smartphone semakin lancar.

Untuk semakin mengoptimalkan performanya, Zenfone Max Pro M2 telah menggunakan Sistem Operasi Android Oreo 8.1 dan Interface Android Stock. Jadi ada kemungkinan akan mendapatkan update android Pie 9.0.

Pilihan RAM dan Internal Storage yang diberikan juga cukup bervariasi, mulai dari RAM 3GB/32GB, 4GB/64GB dan 6GB/64GB.

  • Perbaikan Fitur Kamera

Sadar akan kelemahan yang ada pada seri Zenfone Max Pro M1, ASUS akhirnya dengan bangganya memamerkan perbaikan fitur kamera yang ada pada Zenfone Max Pro M2.

ASUS Zenfone Max Pro M2
Test Kamera Zenfone Max Pro M2 Mode Manual

Walaupun secara umum masih tetap menggunakan dual kamera di bagian belakang dan 1 kamera selfie, namun ASUS mengklaim jika sistem kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 merupakan yang terbaik dari semua seri ZenFone Max.

Sistem kamera di smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur AI Scene Detection, Phase-detection Autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS). Dengan fitur tersebut nantinya pengguna ZenFone Max Pro M2 akan bisa mengambil gambar lebih mudah dan lebih hasilnya lebih baik karena lebih stabil dan bebas dari blur.

Aku kemarin sempat coba mengambil foto Panning menggunakan Zenfone Max Pro M2 dan hasilnya seperti ini.

Zenfone Max Pro M2
Foto Panning Zenfone Max Pro M2

Selain telah dilengkapi fitur AI, kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 juga sudah menggunakan sensor premium berseolusi tinggi Sony IMX486 yang memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap cahaya ketimbang sensor kamera lain sekelasnya. Dengan adanya sensor ini, Zenfone Max Pro M2 mampu menghasilkan gambar yang lebih nyata baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya.

ASUS Zenfone Max Pro M2
Foto Malam menggunkan ASUS Zenfone Max Pro M2

Ada kemajuan pada kamera yang cukup mencolok menurutku. Jika sebelumnya foto portrait menggunakan kamera depan terlihat lebih pucat, kurang tajam dan kadang bokehnya acak-acakan, maka pada Zenfone Max Pro M2 efek bokeh dan hasil akhirnya lebih oke.

Baca Juga:   Honor 7A Review: Tergoda Karena Harga Dan Kamera

Nah, biar lebih jelas perbedaannya, ini contoh perbandingan hasil foto kamera depan dari Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone Max Pro M2. Aku fotonya sama om Firman langsung aja biar keliatan makin kece. Wkwk.

Zenfone Max Pro M2
Perbandingan kamera depan Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone Max Pro M2 dengan setinggan Auto

Gimana menurutmu hasilnya? Lebih bagus yang Zenfone Max Pro M2 kan?

Spesifikasi Zenfone Max Pro M2

Buat kamu yang tertarik dan ingin tahu spesifikasi lengkap dari Zenfone Max Pro M2, ini aku kasih tahu infonya.

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone Max Pro M2

Harga ASUS Zenfone Max Pro M2

  • Asus ZenFone Max Pro M2 RAM 3GB/32GB: Rp 2,8 juta
  • Asus ZenFone Max Pro M2 RAM 4GB/64GB: Rp 3,2 juta
  • Asus ZenFone Max Pro M2 RAM 6GB/64GB: Rp 3,7 juta

Video Hands On Dan Review Kilat Zenfone Max Pro M2

Waktu kemarin aku ikut acara bareng ASUS, aku juga sempet buat video soal Asus Zenfone Max Pro M2. Biar semakin mantap dan lengkap reviewnya.

So, Silakan ditonton aja ya.

***

Nah, mungkin itu aja sedikit informasi yang bisa aku berikan soal Zenfone Max Pro M2 yang belum lama ini aku pegang. Kira-kira cukup worth ituntuk dibeli ga? Kalau aku sendiri sih tertarik untuk upgrade Zenfone Max Pro M1 sama Max Pro M2. Kalau kamu gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.