Zenfone Max M2, Smartphone Gaming ASUS Yang Terlupakan

Di saat sedang santai nongkrong di depan rumah sambil menikmati kopi, tiba-tiba keponakanku datang.

Dengan santai ia mengajak aku untuk “mabar” game Mobile Legend.

Om, mabar yok” ucapnya.

Berhubung koneksi internet di smartphoneku sedang mengalami sedikit masalah ketika digunakan bermain game, maka aku menjawab tawarannya dengan sedikit lemas.

Waduh le, HP nya om lagi jelek koneksi internet e jadi suka lemot.” jawabku.

Merasa tidak puas dengan jawabanku, ia pun berkata dengan sedikit meledek.

Wah om ga seru, ganti HP aja kaya punyaku. Ni HP baru ku, ASUS Zenfone Max M2. Baru dikasih ayah waktu natal kemarin” ucapnya sambil memperlihatkan smartphone barunya.

Rupanya ponakanku itu baru saja mendapatkan hadiah natal berupa Zenfone Max M2. Karena aku merasa jika Zenfone Max M2 itu bukan dikhususkan untuk gaming, aku coba bertanya kepadanya.

Eh le, emang Zenfone Max M2 bagus ya buat gaming? Kalo gaming itu kaya punya om kris ini lho.. Zenfone Max pro M1.” ucapku.

Mendengar ucapanku tersebut ia langsung jawab jika smartphonenya lumayan oke buat dipakai ngegame.

Saking semangatnya menjawab dan ingin membuktikan kehebatan smartphone barunya, ia lupa kalau sudah masuk room permainan Mobile Legend dan sudah ditunggu teman-temannya untuk main bareng.

Akhirnya akupun membiarkan ponakanku untuk main game sedangkan aku juga melanjutkan menikmati segelas kopi yang sudah ada ditangan. Sambil minum, aku pun terbayang dan berpikiran untuk dapat mencoba Zenfone Max M2 milik ponakanku. Namun sayang, sampai sekarang aku belum sempat untuk mencobanya.

***  

Hingar bingar peluncuran smartphone ASUS pada akhir tahun 2018 lalu sepertinya lebih banyak meninggalkan cerita tentang Zenfone Max Pro M2 sebagai smartphone gaming.

Padahal pada tanggal 11 Desember 2018 lalu ASUS memperkenalkan 3 model smartphone gaming seperti Zenfone Max M2, Zenfone Max Pro M2 dan ROG phone.

Zenfone Max M2
Launching ASUS Zenfone Max M2, Max Pro M2, ASUS ROG Phone di Indonesia

Jadi benar juga kalau ponakanku bilang Zenfone Max M2 oke buat main game. Orang diperkenalkannya bareng sama smartphone gaming.

Terus kenapa Zenfone Max M2 terlihat seperti “bayangan” ya? Bahkan aku merasa jika ia sedikit terlupakan, tertutup oleh gaung yang cukup besar dari Zenfone Max Pro M2.

Apa mungkin hanya karena strategi marketing dan ekspektasi yang tinggi kepada Zenfone Max Pro M2 yang diharapkan bisa mengulang kesuksesan dari Zenfone Max Pro M1 di awal tahun 2018. 

Kalau memang benar demikian, sayang sekali nasib dari Zenfone Max M2. Padahal smartphone ini sebenarnya juga merupakan salah satu smartphone yang cukup bagus dan tidak boleh diremehkan. 

Nah, biar kamu tau jika Zenfone Max M2 ini sebenarnya merupakan smartphone yang sebaiknya kamu lirik dan pertimbangkan, kali ini aku mau membahas tentang beberapa hal yang dimiliki oleh Zenfone Max M2.


DESAIN ZENFONE MAX M2

Secara tampilan desain, aku sendiri melihat tidak terlalu banyak perbedaan dengan ASUS Zenfone Max Pro M1 yang sampai sekarang masih menjadi daily driver ku.

Desain Zenfone Max M2 (img: unbox.ph)

Perbedaan paling mendasar dari desain Zenfone Max M2 dan Zenfone Max Pro M1 sepertinya hanya pada bagian peletakan audiojack 3,5mm dan bentuk speaker.

Audio jack Zenfone Max Pro M1 ada di bagian sisi bawah smartphone sejajar dengan slot micro usb, mic dan speaker, sedangkan audio jack pada Zenfone Max M2 berada di bagian sisi atas.

Zenfone Max Pro M1
Desain Zenfone Max Pro M1

Secara material desain, Zenfone Max M2 juga menggunakan bahan metal yang solid layaknya Zenfone Max Pro M1. Sehingga kalau kamu menggenggam smartphone ini akan terasa kokoh dan nyaman.

Masuk ke desain bagian depan dan belakang dari Zenfone Max M2, kita akan menemukan sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1. Aku katakan sedikit karena memang dari bagian belakang sekilas tidak terlihat bedanya.

Keduanya sama-sama memiliki sensor fingerprint dual camera dengan bentuk desain yang sama lengkap dengan lampu flash dengan lokasi penempatan yang nyaris serupa.

Zenfone Max M2
Desain Zenfone max M2 vs Zenfone Max Pro M1

Perbedaan mulai tampak cukup jelas ketika kita membandingkan desain bagian depan.

Jika kita perhatikan, layar Zenfone Max M2 kini memiliki “Poni” dan berukuran 6,3″ dengan resolusi HD+ All Screen Display dengan aspek ratio 19:9 atau lebih luas dibanding Zenfone Max Pro M1 yang hanya memiliki ukuran layar 6″ dengan aspek ratio 18:9.

Kalau dari sisi desain, aku sendiri memilih Zenfone Max M2 karena ukuran layarnya lebih luas dan punya poni yang membuat smartphone terlihat semakin menarik.


PERFORMA ZENFONE MAX M2

Kalau sebelumnya aku sudah coba membahas soal desain dari Zenfone Max M2, maka kali ini aku akan memberikan beberapa informasi terkait dengan performa dari smartphone ini.

DAPUR PACU

Jika dibandingan dengan prosesor Zenfone Max Pro M1 yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 636, maka prosesor Zenfone Max M2 jelas masih ada di bawahnya.

Walaupun demikian, dapur pacu dari Zenfone Max M2 menurutku sudah cukup baik. Prosesor yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 632 dengan arsitektur 14nm yang merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas.

Zenfone Max M2
Prosesor Zenfone Max M2

Prosesor ini sendiri lebih cepat 40% dari generasi sebelumnya, lebih hemat daya dan memberikan pengalaman yang lancar dan responsif tanpa mempengaruhi baterai.

Selain dukungan dari Prosesor yang mumpuni, Zenfone Max M2 juga didukung oleh GPU Adreno 506 dan memori yang cukup besar yaitu 3GB/32GB atau 4GB/64GB.

Baca Juga:   Abis Kenalan Dengan Zenfone Max Pro M2, Jadi Pengen Upgrade Max Pro M1

Dengan ukuran memori dan internal storage ini, maka kita bisa lebih tenang ketika ingin menginstall aplikasi dan game maupun ingin mengabadikan moment lewat foto/video.

Nah, jika internal storage dirasa masih kurang, kita bisa menambahkan dukungan memori eksternal hingga kapasitas 2TB. Gede banget kan?

BATERAI 

Ngomongin kualitas dan performa baterai dari Zenfone Max M2 itu seperti ngomongin hal yang ga penting. Lha kenapa?

Ya gitu.. ASUS aja udah kasih label “MAX” di smartphonenya, terus mau bahas baterai? Bahas sesuatu yang memang menjadi unggulannya?

Jawabannya pasti sama, pasti Maximal. Artinya, daya tahan baterainya lama, kapasitasnya juga besar. Itu sudah pasti.

Zenfone Max M2
Baterai Zenfone Max M2

Masih ragu? Cobain aja sendiri. Dari pengalamanku pakai Zenfone Max Pro M1 sih begitu. Hehe

PERFORMA GAMING

Walaupun mungkin tidak sebaik Zenfone Max Pro M1 ataupun Zenfone Max Pro M2 dalam hal Gaming, namun Zenfone Max M2 juga sudah cukup baik untuk digunakan bermain game.

Zenfone Max Pro M1
Ngegame Mobile Legend Pakai Zenfone Max Pro M1

Kamu ga yakin atau masih ga percaya?

Ehm, sepertinya kamu memang ga nonton launcingnya kemarin. Hehe.

Jimmy Lin selaku Regional Director ASUS South East Asia bahkan dengan percaya diri mengatakan seperti ini:

“Smartphone ini masih sangat mumpuni untuk menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar. Semua itu berkat peningkatan dari sisi SoC, dimana kini Zenfone Max M2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 yang lebih powerful.”

Nah, buat semakin meyakinkan aku sempat baca review dari Om Yahya ketika sedang mencoba game Free Fire dengan Zenfone Max M2. Setingan defaultnya ternyata langsung di Ultra. Keren juga.

Zenfone Max M2
Settingan default game Free Fire Zenfone Max M2 (img: yahyakurniawan.net)

Jadi kesimpulannya, performa gamenya tidak perlu diragukan. Kalau cuma buat main Mobile Legend, AOV, Free Fire atau PUBG Mobile, aku yakin masih bisa dilahap dengan aman dan lancar.

SISTEM OPERASI

Untuk semakin mengoptimalkan performa dari Zenfone Max M2, lagi-lagi ASUS memilih Android Stock sebagai interface yang digunakan untuk mendukung Sistem Operasi Android Oreo 8.1.

Zenfone Max M2
Android 8.1 Oreo

Berdasarkan pengalamanku, Android stock itu membuat smartphone menjadi lebih ringan karena tidak banyak bloatware. Ya, simple lah secara tampilan.

Selain itu, dengan menggunakan android stock, maka ASUS seakan-akan memberikan kode jika akan memberikan update sistem operasi kepada smartphonenya.

ANTUTU SKOR

Banyak yang menganggap jika skor AnTuTu sebagai salah satu cara menilai performa sebuah smartphone. Anggapan tersebut memang tidak salah karena akupun senang mencari skor AnTuTu sebuah smartphone sebagai pertimbangan.

Nah, ngomongin soal skor AnTuTu, rupanya Zenfone Max M2 memiliki skor yang tidak kecil.

Zenfone Max M2
Antutu Benchmark Zenfone Max M2 (img: unbox.ph)

Berdasarkan informasi yang aku baca dari situs unbox.ph, aku menemukan jika Zenfone Max M2 mendapatkan skor AnTuTu 102434. Tinggi juga ya, bisa di atas 100 ribu.

Jadi seharusnya performanya tidak perlu diragukan lagi.


KAMERA ZENFONE MAX M2

Bagian paling lemah dari Zenfone Max Pro M1 ada di sisi kamera. Nah, kali ini kedatangan Zenfone Max M2 dan juga Zenfone Max Pro M2 seakan ingin menambal kelemahan tersebut.

Jika pada artikel “Abis Kenalan Dengan Zenfone Max Pro M2, Jadi Pengen Upgrade Max Pro M1“, aku sudah memastikan jika kualitas kameranya meningkat dibandingkan Max Pro M1, maka aku rasa hal itu juga terjadi pada kamera Zenfone Max M2.

Contoh Perbandingan hasil kamera depan Zenfone Max Pro M1 – Zenfone Max Pro M2

Aku memang belum bisa menjajal lebih banyak, karena belum sempat mengeksplor Zenfone Max M2, namun sekilas aku sudah melihat adanya beberapa hal yang ditingkatkan oleh ASUS dan semoga saja bisa mendekati hasil foto Zenfone Max Pro M2 kaya foto di atas.

Kamera Zenfone Max M2 kali ini masih dibekali resolusi kamera utama yang sama yaitu 13 MP dengan teknologi PDAF (Phases detection Auto Focus) yang memastikan fokus yang tajam dan cepat.

Zenfone Max M2
Main Camera Zenfone Max M2

Perbedaannya ada di bagian aperture lensa yang diberikan. Jika Zenfone Max Pro M1 aperture lensanya adalah F/2.0, maka Zenfone Max M2 sudah ditingkatkan menjadi F/1.8. Jadi semakin mudah untuk mengambil hasil gambar “bokeh”

Untuk kamera depannya, Zenfone Max M2 juga masih menggunakan resolusi sebesar 8 MP. Namun lagi-lagi beberapa peningkatan dari Zenfone Max Pro M1 pada bagian fitur dapat kita nikmati karena Max M2 telah diberikan penambahan lampu softlight LED Flash dan aperture lensa F/2.0 seperti yang ada pada Zenfone Max Pro M2.

Zenfone Max M2
Front Camera Zenfone Max M2

Dari keseluruhan aspek kamera yang ada pada Zenfone Max M2 di atas, sudah jelas jika smartphone ini layak untuk dipertimbangkan dari sisi kameranya. Tapi apakah pengembangan kamera di Zenfone Max M2 sudah berhenti sampai di sini?

Rupanya tidak. Lagi-lagi ada fitur yang sangat lumayan bermanfaat untuk mengoptimalkan performa kamera seperti AI Cameras yang kabarnya akan diberikan kepada Zenfone Max M2 pada awal tahun 2019 melalui update software.

Ini contoh hasil foto dengan menggunakan ASUS Zenfone Max M2 yang aku peroleh dari situsnya Oom Yahya Kurniawan.

Zenfone Max M2
Sample Foto Zenfone Max M2 (img: yahyakurniawan.net)

Menurutku sih emang cukup oke hasilnya, walaupun ga bisa dibilang bagus juga. Jadi aku rasa Zenfone Max M2 ini sudah lumayan oke untuk bisa diajak poto bareng dan cocok banget jadi pengganti Zenfone Max Pro M1.


KEAMANAN ZENFONE MAX M2

Lanjut ke bagian fitur keamanan dari smartphone Zenfone Max M2. Fitur ini menjadi salah satu yang sebenarnya ingin sekali aku ketahui. Kenapa?

Sebagai salah satu smartphone yang masuk list sebagai pengganti Zenfone Max Pro M1 yang saat ini aku gunakan, maka aku ingin agar fitur keamanannya lebih baik.

Jujur, aku sedikit kecewa dengan fitur keamanan dari Zenfone Max Pro M1 yang kumiliki.

Walaupun aku melengkapi keamanan smartphone dengan 3 fitur sekaligus (Fingerprint Unlock, Face Unlock dan Screen Lock), namun fitur “Screen Lock” sering sekali tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga:   Honor 7A Review: Tergoda Karena Harga Dan Kamera

Ketika smartphoneku terkunci, kadang bisa terbuka dengan mudah oleh anakku hanya dengan menekan tombol power yang dilanjutkan dengan slide layar.

Zenfone Max Pro M1
Screen Lock Zenfone Max Pro M1

Aku ga tau apa itu hanya terjadi pada smartphoneku atau memang banyak yang mengalami.

Nah, melihat kondisi tersebut, maka aku berharap lebih dari fitur keamanan yang dimiliki oleh Zenfone Max M2.

Jika aku baca dan lihat dari situs resmi ASUS Indonesia, sistem keamanan face unlock dan fingerprint unlock yang dimiliki oleh Zenfone Max M2 ternyata tidak berbeda jauh dengan Zenfone Max Pro M1. Sama-sama mampu mengaktifkan smartphone hanya dalam 0,3 detik.

 Zenfone Max M2
Face Recognition Zenfone Max M2

Ehm, jadi semakin penasaran dengan fitur “Screen Lock” Zenfone Max M2. Kalau memang bisa mengatasi masalah yang ada di Zenfone Max Pro M1 sebelumnya, pasti keyakinan untuk pindah ke Zenfone Max M2 semakin besar.

Ya, aku akan menunggu sampai waktunya bisa mencoba secara langsung Zenfone Max M2 deh. Biar semakin mantep dan yakin.


HARGA ZENFONE MAX M2

Berhubung udah banyak ngomongin soal Zenfone Max M2, maka sekarang aku mau coba kasih tahu harga dari smartphone ini.

Pada saat peluncurannya, smartphone ini memang dijual dengan harga di bawah Zenfone Max Pro M2. Namun uniknya, harganya justru mirip dengan Zenfone Max Pro M1. Hal ini menurutku akan sedikit membingungkan para calon pembeli.

Zenfone Max M2
Perbandingan Harga Zenfone Max Pro M1 vs Zenfone Max M2

Jika kamu lebih suka gaming, kamu sepertinya lebih baik memilih Zenfone Max Pro M1. Sedangkan jika kamu lebih suka foto-foto, maka saranku sih lebih baik kamu pilih Zenfone Max M2.

Untuk varian 3GB/32GB, Zenfone Max M2 dijual dengan harga Rp 2.299.000, sedangkan varian tertingginya (4GB/64GB) dibanderol dengan harga Rp 2.699.000


SPESIFIKASI LENGKAP ZENFONE MAX M2

Model

ZenFone Max M2 (ZB633KL)

Display, Resolution

6.3-inch HD+ (1520 x 720) All-screen display LED Backlit IPS LCD, Capacitive touch panel with 10-point multi-touch

SoC Processor

CPU

Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 632 Octa Core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 506 GPU              

Memory

RAM / Storage

LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM

LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM

Supports up to 2TB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)

Camera System

Rear (main)

Camera

13 Megapixel with wide aperture f/1.8

Rear (wide)

Camera

2 Megapixel for bokeh mode

Front camera

8MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash

Camera feature

PixelMaster 4.0 camera mode: Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation

AI Camera with 13 types AI Scene Detection

Wireless

WLAN 802.11 a/b/g/n, 2.4HGHz with Wi-Fi Driect / Bluetooth 4.2

Sensor

Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope

SIM card and SD slot

Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

Network

FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM

Data rate:

DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support

GPS

GPS, AGPS, Glonass, BDS

OS

Pure Android 8.1 Oreo

Battery

4.000mAh capacity

Audio / Microphone

5-magnet speaker with NXP 9874 smart amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver

Size / Weight

158 x 76 x 7.7mm / 160 grams

Color

Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver


VIDEO INTRO ZENFONE MAX M2



KESIMPULAN ZENFONE MAX M2

Dari semua yang sudah aku tuliskan di atas, akhirnya aku menyimpulkan beberapa hal terkait dengan ASUS ZenFone Max M2.

  1. Zenfone Max M2 menjadi salah satu smartphone yang cukup menggoda dan kekinian. Body metal, ukuran layar yang luas lengkap dengan poni dan kamera ganda sangat cocok untuk pengguna yang berjiwa muda dan kekinian.
  2. Beberapa fitur seperti kamera dan prosesor tergolong baik. Karena telah mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dari seri sebelumnya. Sekarang udah ada fitur AI, walaupun masih belum ada fitur watermark.
  3. Baterai di Zenfone Max M2 tidak perlu diragukan. Kapasitas baterai sebesar 4000 mAH yang dibawa sudah sangat cukup membantu untuk pengguna yang senang beraktifitas dengan smartphone secara mobile seharian.
  4. Secara spesifikasi, Zenfone Max M2 sudah cukup baik. Walaupun tidak ada embel-embel “pro“, namun sudah cukup mampu digunakan untuk bermain game dengan baik.
  5. Slot SIM Tray yang dimiliki berjenis Triple SIM. Artinya, kita ga perlu mengorbankan salah satu slot untuk menggunakan Dual SIM Card secara bersamaan. Jadi aman.
  6. Sistem operasi Stock Android berbasis Android 8.1 Oreo yang digunakan cukup simple dan menyenangkan. Karena tidak banyak bloatware yang dibawa, maka kinerja smartphone bisa semakin optimal dan tidak membebani memori.
  7. Zenfone Max M2 ini cocok menjadi pilihan buat yang ingin upgrade dari Zenfone Max Pro M1 tapi budgetnya tidak sampai ke Zenfone Max Pro M2. Maklum, harga Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone Max M2 beda tipis (hanya selisih 100 ribu)
  8. Untuk Screen Lock aku masih sedikit ragu, apakah sudah mendapatkan perbaikan dari versi Zenfone Max Pro M1. Semoga saja sudah.

***

Nah, kayaknya itu beberapa hal yang bisa aku informasikan tentang Zenfone Max M2, Smartphone gaming ASUS yang terlupakan. Semoga ada kesempatan lain untuk bisa lebih banyak membahas smartphone ini. Maksudnya langsung ngetes devicenya. hehe

Yang pasti, Zenfone Max M2 ini menurutku sangat cocok untuk menggantikan Zenfone Max Pro M1, khususnya dari segi kamera dan layar yang lebih luas. Kalau menurut kamu gimana?

10 thoughts on “Zenfone Max M2, Smartphone Gaming ASUS Yang Terlupakan

        1. haha, segede bioskop.. Yang pasti emang lebih lega daripada Max pro M1. Walaupun secara prosesor masih dibawah Max Pro M1, tapi kalau untuk ngegame masih berani di adu nih zenfone Max M2..

  1. gadget kan gitu, saling tumpang tindih, dalam waktu singkat selalu ada versi baru nya, pengembangnya terlalu rajin berinovasi haha.. yang lama auto dilupain dah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.