Warung Kopi Bukan Luwak, Adiknya Kopi Klotok Pakem

Tempat kulineran di Jogja itu kadang kaya “latah“. Trennya selalu mirip, apalagi yang menggunakan nama “Kopi”. Banyak banget, sampai bosen dengernya. haha

Beberapa waktu lalu aku pernah mengatakan jika akan kembali membahas tempat makan dengan embel-embel “kopi” yang ada di daerah Jogja Utara. Nah, di artikel kali ini aku mau coba membahas salah satu tempat makan yang sudah cukup dikenal oleh banyak orang yang bernama “Kopi Bukan Luwak

LOKASI KOPI BUKAN LUWAK

Secara umum, warung kopi bukan luwak ini berada di sekitar pakem dan tepatnya di dusun Kledokan jalan kaliurang Km. 17.

Untuk dapat mencapai tempat ini, kamu tidak akan sesulit menemukan turi-turi coffee

Lokasi kopi bukan luwak ini sejalur dengan kopi klotok. Jika kopi klotok berada 200 meter dari jalan raya, maka kopi bukan luwak berada beberapa meter sebelum kopi klotok dan juga hanya sekitar 100 meter saja dari jalan raya kaliurang-pakem.

Lokasi Kopi Bukan Luwak
Gang masuk kopi bukan luwak (dusun Kledokan)

Bahkan kalau kamu belum pernah datang ke kopi klotok, mungkin kamu akan mengira jika Kopi Bukan Luwak adalah Kopi Klotok.

“Lho kok bisa mas? kan dari namanya aja beda.”

Iya bisa dong.. Soalnya ini pengalaman pribadi.. 

Jadi dulu waktu masih baru buka dan belum pernah datang ke kopi klotok, aku juga menganggap kalau kopi bukan luwak itu adalah kopi klotok.. Eh begitu sudah pesan makan, ternyata salah tempat. wkwk..

Buat kamu yang takut salah tempat seperti aku, ini silakan lihat petanya aja.

SATU MANAJEMEN DENGAN KOPI KLOTOK

Setelah kamu mengetahui lokasi dari kopi bukan luwak, sekarang aku mau cerita sedikit kejadian yang membuat aku tahu jika Kopi Bukan Luwak itu ternyata satu manajemen dengan Kopi Klotok.

Sabtu siang di bulan september tahun 2017, aku dan keluargaku makan bareng di kopi Klotok. Karena saking santainya, istriku tidak sadar jika dompetnya terjatuh di bawah kursi yang ada di dekat dapur warung kopi Klotok.

kopi klotok Pakem
Lokasi Tempat Dompet jatuh di kopi klotok Pakem

Satu hari setelah makan siang itu, istriku menyadari jika dompetnya hilang. Beberapa tempat kami coba telusuri dan akhirnya kami mencoba kembali ke warung Kopi Klotok Pakem.

Istriku mendatangi mbak-mbak yang bertugas di kasir sambil bertanya:

“Mbak, apa kemarin lihat ada dompet jatuh di dekat kursi sana ya?” tanya istriku

“Oh, yang warna coklat ya mbak?” jawab pegawai kasir itu.

“Benar mbak.. Yang warna coklat panjang..” ucap istriku.

“Sekarang dompetnya di simpan sama mbak xxxx. Dia sekarang jaga di Kopi Bukan Luwak mbak.” jawabnya lagi.

“Oke mbak, makasih infonya.” tutup istriku.

Usai kejadian itu, akhirnya kami tahu ternyata Kopi Klotok dan kopi bukan luwak itu masih satu manajemen. Kalau tidak salah itu pemiliknya masih sama. Jadi pegawainya pun seringkali berbagi shift kerja di dua tempat itu.

SUASANA KOPI BUKAN LUWAK

Ngomongin suasana tempat, Kopi Bukan Luwak ini memang tidak seramai kopi klotok. Walaupun demikian suasananya mirip karena sama-sama membawa nuansa desa. Makanan yang disajikan di Kopi bukan luwak juga menu desa seperti yang ada di kopi klotok. 

Kopi Bukan Luwak
Bangunan Utama Kopi Bukan Luwak

Pertama kali tiba di lokasi, kamu akan menemukan sebuah bangunan dengan ornamen kayu layaknya rumah jaman dulu yang di bagian depannya ada lesung dan kursi panjang untuk santai. Dan pastinya Instagramable lah. Bisa jadi stok foto di IG. haha

Baca Juga:   Pengalaman Naik Kereta Ekonomi Premium Lodaya Malam

Secara umum, Kopi Bukan Luwak dibagi menjadi beberapa bagian.

Tempat Makan

Beberapa Lokasi Tempat Makan di Warung Kopi Bukan Luwak

Tempat makan di Kopi Bukan Luwak memiliki beberapa lokasi. Lokasi pertama ada di bagian rumah utama yang berada di paling depan dekat dengan meja kasir. Sedangkan beberapa tempat lainnya ada di bagian selatan rumah.

Untuk tempat yang berada di bagian selatan, kita akan menemukan beberapa pendopo dengan konsep kandang sapi dan juga beberapa tempat terbuka yang hanya menyediakan meja dan bangku panjang.

Dapur 

Dapur Kopi Bukan Luwak
Dapur Kopi Bukan Luwak

Bagian selanjutnya yang bisa langsung kita lihat dari kopi bukan luwak adalah bagian dapur.

Dapur dari Kopi Bukan Luwak berada di sisi barat dari bangunan utama. Dan di dapur ini pula, kita bisa mengambil menu makanan yang ingin kita santap.

Mushola

Mushola Kopi Bukan Luwak
Mushola di Kopi Bukan Luwak

Tempat yang cukup penting diketahui dari Kopi Bukan Luwak adalah Mushola. Jadi tempat makan ini menyediakan tempat beribadah di sisi timur bangunan utama, dekat dengan tempat parkir mobil sisi timur.

Dengan adanya mushola, maka pengunjung seharusnya tidak perlu takut meninggalkan ibadah sholat ketika waktunya tiba.

Toilet

Bagian yang tidak boleh hilang dari sebuah tempat makan adalah Toilet. Namun sayang, lokasi toilet yang ada di Kopi Bukan Luwak ini menurutku cukup tersembunyi dan “nyamari”.

Kok bisa? 

Jadi lokasi toiletnya itu ada di dalam bangunan utama sebelah kiri. Ada 2 toilet yang disediakan (1 toilet duduk, 1 toilet jongkok). Kalau kamu tidak mendekat langsung mungkin kamu tidak tahu kalau di sana ada toilet.

Tempat Bermain Anak

Kopi Bukan Luwak
Tempat main ayunan di Kopi Bukan Luwak

Nah, bagian terakhir dari Kopi Bukan Luwak yang menurutku cukup menarik adalah adanya tempat bermain untuk anak.

Lokasinya ada di sisi timur, selatannya mushola. Di sana kita akan melihat ada ayunan yang tergantung dan beberapa bakiak. Tempatnya tidak besar, namun aku rasa cukup lah buat anak balita lari-lari.  hehe..

MENU MAKANAN DAN MINUMAN

Daftar Menu dan Harga Kopi Bukan Luwak
Daftar Menu dan Harga Kopi Bukan Luwak

Setelah cukup banyak membahas beberapa hal umum tentang kopi bukan luwak, saatnya aku membahas menu yang disajikan.

Menu Makanan

Daftar menu makanan di sini lumayan menarik dan menurutku yang paling favorit itu adalah mangut lelenya.

Soalnya, setiap kali kami ke sini pasti ambil mangut lele. wkwk..

Menu makanan di Kopi Bukan Luwak
Menu makanan di Kopi Bukan Luwak

Kalau kamu tidak terlalu suka dengan mangut lele, kamu tenang saja karena masih ada menu lain yang disediakan seperti sayur bronkos, sayur asem, bihun lombok ijo, Sop, tempe garit, telur kriuk hingga pindang tepung.

Menu Minuman

Untuk daftar minuman, kami biasanya pesen teh gula batu. Kalau gulanya kurang manis, di meja sudah di sediakan gula jawa untuk digunakan kok. Jadi tenang saja. 

Menu Minuman Kopi Bukan Luwak
Menu Minuman Kopi Bukan Luwak

Karena nama tempatnya kopi bukan luwak, maka sudah pasti tempat ini juga menyediakan kopi. Jadi ya, kalau kamu pengen pesan kopi, silakan di pesan saja. hehe

Menu Jajanan

Meskipun di tempat ini aku jarang sekali menunggu antrian makanan karena langsung ambil sendiri menu yang sudah siap, tapi pasti sering kali membutuhkan menu tambahan. 

Cara Bikang
Jajanan Cara Bikang (img: Wenny Tri Suryani)

Kalau di Kopi Klotok itu pisangnya sangat terkenal karena lamanya mengantri pesanan, maka di Kopi bukan luwak juga punya pisang goreng dengan antrian yang lebih masuk akal.

Baca Juga:   Pantai Ngobaran: Kenapa Di Atas Pantai Kok Ada Pura?

Selain itu, masih ada jajanan lain seperti mendoan, tape goreng dan coro bikang yang bisa kita jadikan pilihan.

JAM BUKA

Soal jam buka tempat ini, aku sendiri lupa tanya dengan pegawainya. Dan kebetulan setiap aku datang ke tempat ini, aku selalu mendapati jika tempatnya sudah buka. 

Namun berdasarkan info yang aku dapat dari  google, Kopi Bukan Luwak ini buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Jadi kalau mau aman sih datanglah sekitar jam yang sudah ditentukan.

***

Mungkin itu sedikit informasi tentang warung makan Kopi Bukan Luwak, adik dari Kopi Klotok Pakem yang menjadi salah satu tempat favorit keluargaku kalau mau makan santai di luar rumah.

Semoga infonya membantu dan bermanfaat ya.. Kira-kira aku perlu bahas soal warung Kopi Klotok juga ga nih? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.