Pilih Smartwatch Atau Smartband, Antara Gaya Dan Kebutuhan

Suatu hari temanku sedang membuka marketplace yang merupakan salah satu unicorn di Indonesia untuk mencari barang yang diinginkannya. Aku mencoba mendekat sambil kepo.

A: “Golek opo dab? Serius tenan?”

T: “Iki aku lagi pengen golek jam sing koyo smartwatch ngunu. Tapi sing murah wae

A: “Emang budgetmu piro? Butuhmu nggo opo wae?

T: “Nek aku sakjane gur nggo nonton waktu karo konco playon. Ora sah sing iso nggo telpon, ribet. Mentok rego 300rb lah

A: “Yo golek koyo nggonku wae, murah meriah tur yo wes cukup banget.” (Sambil nyodorin tangan yang melingkar smartband honor band 3)

T: “Wah, cocok dab. Tak jajal golek podo nggonmu wae. Nuwun yo..

A: “Yo. Podo-podo dab..

Ya, itulah sedikit obrolan dengan temanku saat itu. Kalau roaming sama bahasanya, intinya temenku lagi cari-cari smartwatch murah. Dia cuma butuh smartwatch untuk lihat waktu sama tracker ketika sedang lari.

Smartband
Smartband Honor Band 3

Akhirnya aku kasih lihat smartband Honor band 3 yang aku pakai, ternyata dia suka dan mau beli barang yang sama.

***

Banyak orang yang menganggap jika memiliki Smartwatch ataupun Smartband itu hanyalah sebatas untuk gaya atau pamer. Tapi apakah benar seperti itu?

Jika melihat dari pengalaman temanku mencari smartwatch di atas, rasanya ia mencari jam tangan pintar atau gelang pintar itu bukan untuk gaya, tapi lebih kepada kebutuhan. Hanya ada satu fitur yang ia ingin maksimalkan, yaitu tracker lari. 

Terus mungkin ada yang bertanya, kira-kira mending beli smartwatch atau smartband mas? Kalau kamu punya smartwatch atau smartband mending untuk gaya atau sesuai kebutuhan?

Nah, ini aku coba untuk bahas lebih detail deh.

PENGERTIAN SMARTWATCH DAN SMARTBAND

Sebelum membahas lebih banyak, sepertinya aku harus bahas dulu soal pengertian dari smartwatch dan smartband.

Smartwatch
Smartwatch 2019 by T3.com

Sesuai dengan namanya, Smartwatch  itu singkatnya adalah jam tangan pintar. Sama seperti smartphone, Smartwatch ini memiliki banyak fitur yang biasanya juga dimiliki oleh smartphone.

Sedangkan Smartband itu adalah gelang pintar. Ingat ya.. gelang bukan jam. Karena pintar, maka gelang ini juga memiliki fitur seperti smartwatch. 

Menurutku secara pengertian umum mungkin kaya gitu. Kalau yang tak tulis salah, monggo aku dikasih tau lewat kotak komentar ya.

PERBEDAAN SMARTWATCH DAN SMARTBAND

Lanjut ke hal kedua yang ingin aku coba bahas, yaitu perbedaan antara smartwatch dan smartband.

Smartwatch vs Smartband
Smartband vs smartwatch (img src: Tech2Craft)

Perbedaannya sebenarnya cukup banyak, seperti dari ukuran, fungsi, fitur sampai dengan harga.

UKURAN 

Perbedaan paling mencolok antara Smartwatch dan Smartband adalah ukurannya.

“Smartwatch biasanya ukurannya lebih besar dibandingkan smartband.”

Ukuran smartwatch lebih besar karena banyak fitur dan fasilitas yang diberikan. 

FUNGSI 

Perbedaan kedua yang paling penting adalah fungsi keduanya. 

Smartwatch selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, biasanya juga bisa digunakan untuk mengirim pesan lewat SMS/WA, bahkan bisa digunakan untuk telpon dan mengabadikan foto lewat kamera kecil yang dimilikinya.

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 3i

Sedangkan smartband, biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu dan fitness tracker seperti mengukur detak jantung, jumlah kalori dan jumlah langkah. 

FITUR

Hal paling mencolok antara Smartwatch dan Smartband adalah fitur yang diberikan. 

Fitur yang dimiliki oleh Smartwatch akan sangat melimpah dan biasanya akan memanjakan pemiliknya. Sedangkan untuk smartband ya fiturnya terbatas. Jadi terima saja fitur yang ada di smartband, jangan minta lebih. Karena ya sudah sesuai dengan fungsinya.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Smartwatch:

  • Fitur Jam
  • Fitur Fitness Tracker
  • Fitur Telepon/SMS/Chat
  • Fitur Music Control
  • Fitur Game
  • Fitur GPS
  • Fitur Camera
  • Fitur Kindle/Baca Berita

Sedangkan fitur yang dimiliki Smartband:

  • Fitur Jam
  • Fitur Fitness Tracker
  • Fitur Notifikasi SMS/Telp/Chat (Cuma notifikasi ya)

Jadi secara fitur udah kelihatan sekali bedanya kan?

HARGA 

Dari semua perbedaan yang sudah aku sebutkan sebelumnya akhirnya berujung di masalah harga.

“Harga smartwatch sudah pasti akan lebih mahal dari smartband.” 

Jika smartband biasanya bisa dijual dibawah 500 ribu, maka smartwatch kebalikannya. Perangkat wearable dengan banyak fitur tersebut akan berada di angka yang lebih mahal dari smartband.

“Mas, tapi itu di marketplace kok banyak smartwatch yang harganya murah? bisa cuma 100 ribuan?”

smartwatch murah
smartwatch murah

Kalau kamu mau beli smartwatch seperti itu, ya silakan aja. Kalau kamu pengen keliatan gaya dan pamer punya smartwatch ya monggo aja..
Soalnya kalau aku sih mending ga beli soalnya. haha..

Jujur ya, harga untuk perangkat wearable itu biasanya sejalan dengan kualitas yang diberikan. Jadi kalau kamu beli smartwatch yang harganya dibawah smartband, maka silakan nilai sendiri bagaimana kualitasnya nanti.  

***

Setelah aku membahas beberapa hal penting tentang smartwatch dan smartband, sekarang aku balik lagi ke pertanyaan utama dari tulisan ini.

Bagiku memilih smartwatch dan smartband itu balik ke kebutuhan. Kalau cari perangkat mahal, tapi cuma ga bisa dimaksimalkan buat apa? kan mubazir tu uang yang dikeluarkan.

Smartwatch
Smartwatch Amazfit BIP

Maka dari itu, ketika aku ditawari AMAZFIT BIP harga teman seharga Rp. 600 ribu dan HONOR BAND 3 seharga Rp. 180 ribu, aku lebih milih honor band 3. Selisih harganya lumayan lho, padahal aku ga butuh banyak fitur.

Antara smartwatch dan smartband sama-sama bisa dipakai buat gaya kok, walaupun emang lebih keren kalau pakai smartwatch sih. wkwk.

Jadi kamu kalau punya smartwatch atau smartband itu lebih buat gaya atau memang kebutuhan to? Kira-kira kamu mending beli Smartwatch atau Smartband?

Silakan kamu putuskan sendiri ya.. Intinya smartwatch dan smartband itu beda. Jangan sampai salah paham sama hal ini ya… 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.