Lindungi Hak Pilih Di Pemilu 2019 Dengan Cara ini

Pemilihan umum (Pemilu) 2019 sudah semakin dekat. Suasana panas jelang pemilu khususnya Pilpres ini sudah tidak terelakkan dan terbantahkan lagi.

Aksi saling serang, saling sindir dan merasa paling benar membuatku yang biasanya senang bicara politik menjadi sedikit bungkam. Bungkam karena aku memang tidak mau terlalu jauh menuliskan jejak digital terkait pemilu dan pilpres.

Aku cuma ingin kita semua damai dan biarkan pertemanan yang sudah lama kita bangun tetaplah begitu adanya. Jangan cuma karena beda pilihan kita terus unfollow, saling block, dan akhirnya “anteman”, “jotosan”– (jawa).

Jujur ya.. Aku kie bosen denger ribut-ribut terus, nanti endingnya anak-anak yang jadi korban karena liat yang tua-tua pada perang di sosmed atau di TV.

Untung setiap di rumah aku jarang mengikuti perkembangan politik nasional. Nonton berita di TV aja jarang karena sekarang nontonnya kartun terus. Jadi setidaknya sedikit aman dari panasnya suasana jelang Pemilu.

Calon Presiden RI 2019
Calon Presiden RI 2019 (img source: BBC)

Ngomong-ngomong soal panasnya suasana pemilu, aku jadi ingat kalau kemarin minggu ada debat Pilpres kedua. Sejak debat pertama, aku udah ga terlalu tertarik mengikuti, gitu juga sama debat kedua. Akhirya ketika yang lain kemarin pada ngomongin “unicorn”, aku mah kagak ngerti. Lha aku kemarin nontonnya Doraemon.. wkwk..

Walaupun aku ga mengikuti perkembangan Debat atau Pilpres, aku tetep ga akan golput kok. Emang dari dulu juga jarang golput kalau ga kepepet.

MASALAH DPT

Oh iya, sedikit berbeda dengan pemilu sebelumnya, di Pemilu 2019 ini aku udah resmi tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sleman Yogyakarta (Setelah lama sekali menunggu data berubah)

Lho mas, kok bisa tau kalau udah resmi tercatat di DPT Sleman?” 

Jadi buat info aja, kalau sekarang KPU sudah menyiapkan aplikasi untuk memantau proses Pemilu 2019 yang namanya KPU RI PEMILU 2019

KPU RI PEMILU 2019
Aplikasi KPU RI PEMILU 2019

Dengan aplikasi ini, kita sebagai calon pemilih bisa melakukan pengecekan data DPT hingga melihat hasil rekapitulasi suara. 

Buat kamu yang mau unduh aplikasi ini, silakan langsung aja meluncur ke Google Play Store ataupun App Store dari smartphone yang kamu miliki.

SEKILAS TENTANG APLIKASI KPU RI PEMILU 2019

Berdasarkan informasi yang aku peroleh dari aplikasi KPU RI PEMILU 2019, aplikasi ini berfungsi untuk cek data pemilih, cek calon (Pemilihan Presiden dan Pemilihan DPR RI), info kpu, Info Pemilu 2019.

Dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah melaukan pengecekan apakah kita sudah masuk ke dalam DPT di Pemilu 2019. Menurutku ini sangat membantu bagi yang pindah domisili, pemilih pemula, atau yang pindah TPS.

Kalau kamu ternyata belum terdaftar, segera kirim data diri anda ke email layananpemilih@kpu.go.id. Dan semoga segera diproses. wkwkwk… (ga terlalu yakin kalau bagian ini)

KPU RI PEMILU 2019
Aplikasi KPU RI PEMILU 2019

Setelah mencoba menginstall aplikasi KPU RI PEMILU 2019, ada beberapa hal yang ingin aku sampaikan.

  • Aplikasi ini wajar jika banyak diberi rating “Bintang 1” oleh penggunanya.
  • Dari 4 menu yang ada, kebanyakan hanya merupakan Button Link ke situs lain, jadi gitu lah. Useless.. wkwk
  • Menu Cek Pemilih, akan tersambung dengan alamat https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id
  • Menu Info KPU, akan terhubung dengan alamat situs https://kpu.go.id
  • Menu Pemilu 2019, akan terhubung dengan alamat situs https://infopemilu.kpu.go.id
  • Sedangkan Menu Cek Calon terdiri dari dua menu yaitu “Pemilihan Presiden” dan “Pemilihan DPR RI“. Sayang, keduanya belum bisa di gunakan dan hanya memunculkan peringatan “Silakan dicoba kembali beberapa saat lagi
Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 3i

Melihat beberapa permasalahan yang ada di aplikasi KPU RI PEMILU 2019 di atas, aku menyarankan tidak perlu menginstall aplikasi ini. Lebih baik kita langsung melakukan pengecekan ke situsnya saja.

Karena masalah itu juga aku sekarang sudah pasang tagar #uninstallaplikasiKPU di HP sendiri. haha..

SITUS LINDUNGI HAK PILIHMU LEBIH BAIK

Sesuai dengan yang aku sarankan sebelumnya, mengunjungi alamat situs https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id menjadi pilihan yang lebih baik daripada harus menginstall aplikasi KPU RI PEMILU 2019. Lagi-lagi ini pendapat pribadiku ya..

lindungihakpilihmu.kpu.go.id
Tampilan situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Dari tampilan situs di atas, aku merasa sudah lebih dari cukup untuk dapat melindungi hak pilihku di Pemilu 2019 besok.

Tampilannya sendiri cukup simple dan mudah untuk dipahami. Ada beberapa menu yang ditawarkan, mulai dari Rekapitulasi DPT, Syarat Pemilih hingga cara dan ketentuan pindah memilih bisa kita lihat di sini.

Namun dari semua hal yang ada, aku tetap hanya tertarik pada satu bagian yaitu bagian hasil pencarian data DPT.

Untuk dapat melakukan pencarian data DPT, aku langsung memasukkan nama dan NIK dari halaman beranda situs. Setelah aku tekan tombol “Cari”, akhirnya namaku muncul lengkap dengan daftar TPS tempatku memilih besok.

Data DPT
Hasil pencarian Data DPT

Nah, sudah cocok to sama dataku sekarang. Jadi pemilu tahun ini aku sudah pasti ga harus nungguin sampai jam 12 siang dulu baru bisa memilih karena sudah resmi terdaftar di DPT yang benar

***

Mungkin itu aja sedikit informasi yang bisa aku berikan terkait dengan cara melindungi hak pilih di Pemilu 2019. Intinya sih pastikan data kita sudah terdaftar di DPT yang benar.

Jika belum terdaftar atau masih salah, silakan segera di proses untuk perbaikannya. Jangan sampai kamu Golput di pemilu kali ini. Karena menurutku Golput itu bukan solusi walaupun Golput itu bisa jadi merupakan pilihan politik seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.