Warung Kopi Rolas, Tempat Asik Sarapan Keluarga

Hari libur itu seringkali membuat orang rumah menjadi sedikit bermalas-malasan. Bahkan untuk bikin sarapan aja suka malas.

Ketika perut sudah mulai berbunyi, maka yang biasanya kami lakukan ya mencari tempat sarapan yang menunya lumayan lengkap, tapi tidak terlalu jauh dari rumah.

Kopi Pakem, Kopi Klotok, Wedangan Kampung hingga Kopi Bukan Luwak sering kali menjadi tempat favorit kami untuk sarapan bersama. 

Mungkin ada yang bertanya:

Mas, sarapan kok di warung kopi?

Ya, itulah uniknya yogyakarta bagian utara. Banyak warung makan yang menggunakan embel-embel kopi untuk nama tempatnya. Padahal jika kita sampai lokasi menunya ga jauh sama sayur sop, brongkos, tempe garit, telur dadar sampai pisang goreng. 

LOKASI KOPI ROLAS

Sebelum membahas banyak tempat makan dengan embel-embel kopi lain, aku sekarang mau coba bahas soal tempat yang namanya “Kopi Rolas

Berdasarkan alamat yang aku temukan di Google, Kopi Rolas ini berada di Jl. Kaliwanglu, RT. 001/RW. 017, Bondosari, Harjobinangun Pakem.

Kopi Rolas
Kopi Rolas

Karena baca alamatnya aja udah ribet, maka aku mau kasih ancer-ancer yang lebih gampang deh.. Haha..

Jadi kalau kamu dari arah Jalan Kaliurang menuju Pakem, pastikan kamu sudah melewati Universitas Islam Indonesia (UII). 

Satu kilometer ke arah utara setelah UII kamu akan menemukan perempatan pertama yang biasanya kami kenal dengan nama Degolan. Belok kiri ambil ke arah barat hingga kamu menemukan pertigaan dengan petunjuk/banner “Kopi Rolas”.

Jika sudah menemukan pertigaan dengan petunjuk itu, belok kanan atau ambil arah utara. Beberapa meter dari pertigaan tersebut kamu akan sampai di “Kopi Rolas”.

Biar semakin jelas, ini aku kasih petanya.

Banyak yang menyangka jika lokasi Kopi Rolas ini sepi jika dilihat dari pinggir jalan raya. Ya, memang begitu kenyataannya. Karena tempat parkir Kopi Rolas tidak berada di pinggir jalan raya, tapi masih masuk ke dalam gang kecil.

SUASANA KOPI ROLAS

Parkiran Kopi Rolas
Parkiran Kopi Rolas

Setelah mobil berhenti dan parkir di depan pendopo utama, kami segera mencari tempat yang sesuai dengan keinginan. Kebetulan kali ini kami memilih di sisi luar paling selatan dari tempat ini.

Secara umum, suasana kopi rolas ini enak karena berada di pinggir kali dan sawah. Lokasi di pinggir kali tersebut membuat suasana hati sedikit lebih tenang. Rasanya adem ayem aja gitu. haha

Kopi Rolas
Suasana sekitar Kopi Rolas

Interior dari pendopo/joglo yang ada di Kopi Rolas juga cukup menarik karena benar-benar dibuat homy banget. Mau makan tinggal ambil sendiri. Kalau menunya kurang ya tinggal pesen aja.

Pokoknya kudu ngerasain sendiri lah suasananya. Kaya lagi main di rumah simbah yang ada di desa sana.

Kopi Rolas
Interior Warung Kopi Rolas

Selain itu, fasilitas umum yang diberikan juga cukup lengkap dan bisa membuat kamu yang beragama Islam tenang karena Kopi Rolas menyediakan Mushola di dekat pintu masuk pendopo utama.

MENU MAKANAN/MINUMAN

Nah, kalau secara suasana aku sangat menyukainya karena “feel like home“. Maka menu makanannya juga sama. Ga neko-neko dan pastinya umum banget lah untuk lidah orang jawa kaya aku.

Baca Juga:   Warung Kopi Bukan Luwak, Adiknya Kopi Klotok Pakem

Coba deh bayangin kamu makan pakai sambel goreng krecek, sayur asem, sop, telur dadar, tempe garit lengkap sama sambal dan kerupuk kaleng.

Gimana tuh rasanya? Kalau aku sih kaya makan di rumah aja. Maklum aku dari kecil makannya kaya gitu soalnya..

Menu Makanan di Kopi Rolas
Menu Makanan di Kopi Rolas

Ngomong-ngomong soal makanan, aku kok jadi lapar ya…

Buat kamu yang mau tau apa aja menu makanan dan minuman yang ada di kopi rolas, ini aku kasih tau daftar menunya.

Daftar Menu Kopi Rolas
Daftar Menu Kopi Rolas

Walaupun menyediakan menu makanan berat seperti nasi sayur yang lengkap dengan lauknya, Kopi Rolas tampaknya tidak mau menghilangkan identitasnya sebagai warung kopi.

Banyak pilihan menu kopi yang ditawarkan, lengkap dengan pilihan brewing method seperti Vietnam Drip dan V60.

Namun karena kemarin aku sama keluarga ke Kopi Rolas untuk sarapan pagi, aku lebih memilih untuk tidak memesan minuman kopi. Minuman yang aku pilih pun rasanya sedikit berbeda karena hanya ada di warung ini. Haha..

Nih, penampakan minuman yang bernama “Wedang Rolasan

Wedang Rolasan Kopi Rolas
Wedang Rolasan Kopi Rolas

Rasane ra karuan cah.. Asem, sama kecut tapi anget..” ucapku saat mencicipi wedang rolasan.

Mendengar ucapanku itu, istriku dan kakaknya pun hanya tersenyum sambil tertawa. Wkwkwk..

JAM BUKA – KONTAK

Untuk menutup ceritaku kali ini, aku mau kasih informasi tentang jam buka dan kontak dari Kopi Rolas.

Berdasarkan informasi yang aku peroleh dari ulasan di Google. Kopi Rolas ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB.

Sedangkan jika kamu mau memesan tempat ini untuk acara keluarga seperti arisan gitu, kamu kontak aja ke manajemen kopi rolas di nomor ini 0813-1542-5758

Semoga info jam buka dan kontaknya membantu ya…

***

Kalau berdasarkan pengalamanku makan dan sarapan di Kopi Rolas, tempat ini cocok banget lah buat kamu yang suka sarapan dengan menu ndeso alias menu rumahan.

Lokasinya yang ada di pinggir kali dan sawah serta jauh dari pinggir jalan besar membuat suasana menjadi terasa tenang dan nyaman.

Warung ini menurutku bisa jadi salah satu alternatif untuk nongkrong bareng keluarga ketika Warung Kopi Klotok Pakem atau Warung Kopi Bukan Luwak penuh.

Jadi, kira-kira kamu kapan mau ke warung Kopi Rolas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.