Kejutan Biola Untuk Kakak Aileen

Musik sepertinya sulit dilepaskan dalam kehidupan kita. Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan yang namanya musik, mulai dengan lagu, alat musik hingga nada.

Banyak orang berpendapat jika mengenalkan musik sejak kecil kepada anak-anak itu merupakan suatu hal yang penting. Walaupun itu tidak terjadi pada diriku waktu kecil. Wkwk.. Malah Syurhat…

Ya, katanya sih musik itu berpengaruh besar bagi perkembangan anak hingga mereka dewasa.

Nah, berhubung anak pertamaku yang kini berusia 5 tahun ingin belajar biola atas keinginannya sendiri, maka akhirnya kami coba dukung dengan membelikan biola untuknya. Dan ini sedikit cerita bagaimana akhirnya kami memutuskan untuk memberikan kejutan biola untuk kakak Aileen.

BERAWAL DARI FILM DORAEMON

Beberapa bulan lalu kami membeli CD Film Doraemon di sebuah Mall di Jogja. 

Setelah itu, Aileen dan Keenan jadi suka sekali dengan yang namanya Doraemon. Mereka berdua sepertinya juga hapal dengan cerita di setiap seri yang diputar.

Saking hapal dan sukanya dengan film doraemon, Aileen mulai mencoba untuk mengidolakan Shizuka. Gaya rambut kucir dua ala shizuka bahkan selalu jadi gaya rambut favorit aileen kalau dia selesai mandi.

Biola Shizuka
Shizuka dengan Biolanya

Namun sesuatu yang cukup mengejutkan kami beberapa minggu terakhir adalah karena Aileen sering sekali cerita dan bilang kalau dia pengen main Biola kaya Shizuka.

MAMA AILEEN MENDUKUNG

Mendengar cerita dan keinginan Aileen untuk bisa main biola akhirnya disambut positif oleh mamanya.

Ya, sejak aileen masih Batita, Mamanya itu memang ingin suatu saat nanti Aileen bisa main alat musik biola. Walaupun demikian, aku tidak setuju kalau Aileen main biola karena ada paksaan dari orangtuanya.

Setelah menunggu lumayan lama, akhirnya keinginan untuk punya Biola itu muncul langsung dari mulut Aileen tanpa ada tekanan dari siapapun.

Kami senang, namun tetap saja ragu dan belum yakin apakah nanti Aileen benar-benar akan serius memainkan biolanya atau hanya cuma karena keinginan sesaat saja. Soalnya anak kecil itu kan lebih banyak pengennya daripada usahanya.. hehe..

NONTON KAKAK SD MAIN BIOLA DI GEREJA

Akhirnya kami luluh dan berencana untuk memberikan kejutan kepada Aileen dalam waktu dekat berupa Biola setelah hari minggu (21/4/2019) kami ikut misa paskah anak-anak di Gereja Keluarga Kudus Banteng.

Paskah Anak Gereja Banteng
Koor dan Ensemble Paskah Anak Gereja Banteng (img source: IG paroki.banteng)

Sebelum misa paskah anak dimulai, kakak SD Kanisius Sengkan mempersembahkan beberapa lagu dengan alunan Biola.

Aileen terlihat bersemangat melihat penampilan kakak-kakak SD. Terus ia juga sesekali berkata “Aku mau biola..”

Mendengar permintaan itu lagi, kami ngobrol dengan budenya yang kebetulan duduk bersebelahan dengan kami.

“Dek, mbok coba tanya mas hasta aja.. kayanya temennya jual Biola di daerah kalasan.” Kata Mbak Tanti kepada istriku.

“Hoo to mbak? Nanti aku minta nomor WA mas hasta ya.” ujar istriku.

CARI BIOLA UNTUK AILEEN

Senin (22/4/2019) setelah mengantarkan anak-anak ke sekolah, aku dan istriku memutuskan untuk pergi untuk mencari biola di beberapa tempat. Kebetulan juga hari ini kantor kami masih libur.

Tempat yang langsung ada dibenak kami pagi itu adalah Gramedia Sudirman. Lho kok beli alat musik kok malah ke gramedia? Wkwk.. y

Baca Juga:   Jadi Petugas Antar Dokumen Super Kilat Ke Jakarta

Ya, faktanya memang begitu. Tanpa banyak membuang waktu, kami langsung menuju gramedia untuk mencari biola yang rencananya memang akan kami beli.

Setibanya di Gramedia, kami menemukan satu Biola 1/4 Skylark MV.009. Dari display sepertinya tinggal 1 buah dan kebetulan ada diskon 10%.

Biola Skylark MV.009
Biola Skylark MV.009 di Gramedia

Di sana kami sedikit galau. Kami mengubungi kerabat kami yang memang mengerti dan menjadi guru musik.

Dari beberapa jawaban mengatakan ketidakyakinan jika tidak langsung mencoba. Ehm, kami semakin kurang yakin. 

“Ditahan dulu dek, cb aku tanyakan siapa tau ada yg lebih oke..meskipun untuk beginner.” 

Tiba-tiba mas hasta mengirimkan WA kepadaku.

Mendapatkan pesan seperti itu, kami akhirnya memutuskan untuk tidak membeli di Gramedia dan memilih untuk menunggu info lanjutan dari mas hasta.

Oh iya, mas hasta itu salah satu kerabat dari Istriku yang udah lumayan malang melintang di dunia musik Indonesia. Ia beberapa kali satu panggung dan tergabung dengan Twilite Orchestra (Addie MS) dan pernah juga dengan Erwin Gutawa.

Twilite Orchestra
Mas hasta waktu bareng Twilite Orchestra

Jadi, aku sendiri cukup percaya sama Mas Hasta untuk penawaran mencarikan Biola untuk Aileen kali ini.

BELI BIOLA UNTUK AILEEN

Tidak lama setelah sampai rumah, kami akhirnya mendapatkan info dari mas hasta. Ia kabarnya akan bantu mencarikan di gudang sore ini.

Aku coba berdiskusi agak serius dengan istriku untuk benar-benar yakin membelikan biola untuk Aileen.

Setelah sepakat akhirnya kami jalan kaki ke rumah Bude dibelakang rumah. Kebetulan mas hasta juga sedang ada di sana. 

Sambil ngobrol santai akhirnya kami menitipkan sejumlah uang kepada mas hasta untuk membelikan Biola.

SURPRISE UNTUK AILEEN 

Sekitar pukul 15.30 WIB, aku menjemput anak-anak dari sekolahnya. Ketika diperjalanan, tiba-tiba aileen kembali menyinggung soal Biola.

“Ma, udah jadi beli biola belum?” tanya Aileen

“Ya belum to, kan beli biola itu ga bisa cepat. ” jawab mamanya.

Sambil ngobrol soal Biola, kami coba membuat Aileen agar sedikit sabar dan pastinya memberikan pengertian kepadanya jika sudah punya Biola. Banyak saran yang kami berikan, termasuk dengan kemungkinan mencarikan guru privat/sanggar untuk dia latihan.

Kadang aku merasa jika keinginan Aileen kali ini kok luar biasa besar. Sampai-sampai kami sendiri bingung karena sebentar-sebentar tanya Biola. 

Biola untuk Aileen
Biola untuk Aileen

Oke, setelah menunggu beberapa saat akhirnya kami dikabari jika Biola yang dijanjikan sudah dibawa oleh mas hasta dan ditinggal di rumah bude. Namun karena terburu-buru harus mengajar Cello di daerah Pakem, maka mas hasta hanya bisa menitipkan biolanya.

“Dek biola aileen sudah dirumah ya..” begitu kabar yang kami terima.

Dengan sedikit pura-pura, kami mengajak Aileen untuk pergi ke tempat budenya di belakang rumah. 

Sesampainya di rumah bude, Aileen belum tahu kalau kami akan memberikan Biola kepadanya. Dengan sedikit kerjasama dengan pakde dan budenya, Aileen coba diberi pengertian agar kalau punya Biola dia bisa menjaganya dan serius latihan.

Biola Aileen
Aileen Dengan Biolanya

Akhirnya, ketika Aileen sudah mulai oke, mamanya memberikan Biola kepada Aileen. Aileen masih belum tahu apa yang dibawa mamanya karena Biolanya ada di dalam tas. Setelah diberitahu isinya Biola, dia senyum tersipu malu. 

Baca Juga:   Drumband Cilik Indonesia 2019, Lomba Yang Luar Biasa Untuk Aileen

Kami memintanya untuk membukanya sendiri dan memastikan kalau isinya Biola. Raut wajah senang dari Aileen sangat terlihat jelas. 

***

Pesan kami mungkin tidak banyak. Ayah dan mama membelikan biola ini karena kamu yang mau, kamu yang pilih sendiri, bukan kami yang meminta kamu biar bisa Biola. Latihan dan lakukanlah dengan senang. Kami hanya bisa mendukung dan mengarahkan saja. 

Semoga biola yang kami berikan ini bisa membuat kakak Aileen senang,
lebih sabar, lebih rajin, lebih bisa menjaga barang yang dimilikinya dan pastinya bisa lebih tanggung jawab ya kak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.