Sabtu Santai Di Joglo Pari Sewu, Resto Wisata Jogja

Weekend itu emang waktu yang paling enak untuk memanjakan diri bareng keluarga ataupun teman. Nah, karena itu juga mungkin bagi banyak orang hari Sabtu dan Minggu merupakan hari yang paling ditunggu.

Kali ini aku mau sedikit cerita tentang weekendku minggu lalu di Joglo Pari Sewu. Siapa tau bisa jadi referensi weekend kamu dan keluarga.

***

BERANGKAT KE JOGLO PARI SEWU

Sabtu pagi (13/2/2019) setelah aku mengantarkan anak-anak ke sekolah yang berada di utara Jogja bay, aku langsung memacu motor tuaku ke daerah purwomartani kalasan untuk lanjut ke sebuah resto yang namanya Joglo Pari Sewu.

Jalan menuju Joglo Pari Sewu cukup familiar buatku yang memang tinggal di daerah utara jogja. Dari sekolah anakku yang berada di utara Jogja Bay, aku mengambil arah Jalan Raya Tajem yang dilanjutkan lewat Jalan raya Sambiroto hinga sampai Jalan Raya Purwomartani (utara beringin – Perum KORPRI UPN).

Setelah masuk jalan raya purwomartani, aku lanjut mengambil arah selatan melewati beringin hingga menemukan gapura bertuliskan Bromonilan yang dibawahnya ada petunjuk nama Jalan Kenanga. Beberapa saat setelah mengikuti petunjuk, tibalah aku di Joglo Pari Sewu.

SAMPAI DI JOGLO PARI SEWU

Joglo Pari Sewu
Motor GL 100 ku parkir di Joglo Pari Sewu

Aku sampai ke Joglo Pari Sewu sekitar pukul 8 pagi. Suasana saat aku sampai lokasi masih cukup sepi. Beberapa karyawan tampak tengah mempersiapkan sajian makanan di bawah pohon bambu dekat dengan sungai sebelah selatan.

Sambil menunggu semuanya siap, aku mencoba berjalan-jalan melihat suasana yang ada di tempat ini.

Bagiku yang baru pertama kali datang ke tempat ini, aku merasa jika Joglo Pari Sewu ini menarik. Suasana tempat yang menyatu dengan alam membuat tempat ini sedikit berbeda dan mampu memberikan banyak pengalaman baru bagi para pengunjungnya, termasuk diriku.

Rumah Boneka, Rumah Pohon, Taman Bambu, Puding Factory, kolam terapi ikan, area panahan hingga bendungan air sungai yang dimanfaatkan sebagai kolam renang membuatnya terlihat spesial. Seakan memanggilku untuk mengenang masa kecil di Bantul saat berenang di sungai bersama teman-teman. 

Fasilitas Joglo Pari Sewu
Fasilitas Joglo Pari Sewu

Melihat potensi pariwisata yang cukup besar dari Joglo Pari Sewu dan daerah di sekitarnya, maka wajar jika pada akhir 2018 lalu, dinas pariwisata kabupaten sleman menetapkan desa Bromonilan sebagai desa wisata.

MENU KULINER

Sebagai sebuah resto, maka sudah pasti Joglo Pari Sewu menawarkan menu makanan dan minuman.

Beruntung bagiku saat kemarin berada di tempat ini.

Mungkin ada yang bertanya “Lho kok bisa beruntung mas?”

Ya, beruntung karena aku menjadi salah satu bagian dari banyak orang yang bisa mencicipi sajian kuliner dari resto wisata ini dalam konsep baru, di mana mereka menyajikan menu kuliner di taman bambu dan menggunakan sistem kupon atau voucher.

Kupon Wisata Joglo Pari Sewu
Kupon Wisata Joglo Pari Sewu

Ketika mau memilih menu, aku coba bertanya kepada seorang pengelola yang bernama mbak dian. Kebetulan mbak dian memang sedang berada di lokasi sambil membagikan kupon kepada pengunjung di sekitar taman bambu.

“Mbak, kalau di resto itu kan pasti ada menu unggulannya, nah kalau di sini menu favoritnya apa ya?” tanyaku

“Kalau untuk menu sebenarnya banyak mas, cuma biasanya yang favorit itu Ikan Pindang Lumpur. Tapi maaf mas, pagi ini belum siap, mungkin sebentar lagi.” jawab mbak Dian.

Baca Juga:   Ngumbar Bocah Di Selabintana Resort Sukabumi

“Oke deh mbak.. makasih infonya, aku tak coba lanjut pilih menu dulu.” tutupku.

Setelah cukup lama berdiri sambil mengamati makanan yang ada, aku tergoda dengan nasi goreng, mie, tempe garit krispi dan sate ati. Untuk mendapatkan menu itu, aku cukup menukarkan 2 voucher saja. 

Buat minumnya, di sana aku bisa memilih jamu, teh, jeruk hingga wedang uwuh. Pokoknya macem-macem pilihannya. Setiap gelasnya kita perlu menukar 1 voucher. Khusus untuk teh, kita bisa refill sepuasnya, tapi yang minuman lain ga bisa ya..

Buat kamu yang tertarik mencoba kuliner di sini, ini aku kasih beberapa info terkait dengan menu kuliner yang disediakan.

Menu makanan

Menu Makanan Joglo Pari Sewu
Menu Makanan Joglo Pari Sewu

Untuk mempermudah pengunjung, menu makanan di sini dibedakan dalam beberapa menu. Mulai dari menu prasmanan sampai dengan menu dessert.

  1. Menu prasmanan tradisional, dengan best seller adalah sayur lodeh, oseng daun kates, ikan pindang lumpur, bakwan jagung, telur dadar, tempe garit krispi
  2. Menu ala carte, yang dimasak mendadak pada saat dipesan, dengan best seller adalah ayam jembar, ayam geprek yang bercita rasa pedas, manis dan segar daun kemangi
  3. Aneka snack, fresh from the oven, dengan best seller adalah simpre (singkong presto), rondo royal (tape yang digoreng pakai tepung, disajikan dengan toping susu dan bubuk kayu manis) dan mixed snack (mixed dari sosis, nugget, bakso, kentang dan tempura)
  4. Dessert berupa puding Kenyal Kental, yang sebelumnya hanya bisa dipesan online, kini pengunjung bisa langsung melihat langsung proses produksinya di Kenyal Kental Pudding Factory di Joglo Pari Sewu. Varian rasanya sangat beragam seperti coklat almond, coklat keju, durian, kelapa muda, dan rujak buah yang tidak ditemui di puding lainnya. Cocok sekali untuk alternatif oleh – oleh karena kemasannya yang sangat cantik

Menu Minuman

Menu Kopi Joglo Pari Sewu
Menu Kopi Joglo Pari Sewu

Untuk minuman, resto ini menyediakan aneka minuman yang bisa menjadi alternatif pilihan seperti berikut:

  1. Sajian kopi berbagai pilihan seperti vietnamesse, americano, dripp dll
  2. Sajian non kopi, dengan best seller adalah Green Mint Lime (Ijo Seger Semriwing)
  3. Sajian minuman tradisional seperti beras kencur, kunir asem dan wedang uwuh

SPOT MENARIK DAN PAKET WISATA

Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, Joglo Pari Sewu itu memiliki banyak spot menarik seperti Rumah boneka, rumah pohon, taman bambu, pendopo, gazebo, puding factory, dan pastinya pinggir sungai yang memang menjadi primadona.

Spot di Joglo Pari Sewu
Beberapa Spot di Joglo Pari Sewu

Kenapa pinggir sungai bisa jadi primadona?

Jawabnya simpel, karena di tempat ini pengunjung bisa makan sambil menikmati suasana alam dan gemericik suara air terjun. Selain itu kita juga bisa berenang dan menyewa floating boat di sungai. Kebayang serunya kan?

Spot yang ada itu juga semakin bertambah menarik karena kita bisa menikmatinya dengan paket wisata yang disediakan pengelola.

Namanya paket, sudah pasti akan menguntungkan dan lebih ngirit dari sisi harga.. Nah, ini beberapa paket wisata yang disediakan oleh resto wisata jogja ini:

Paket Wisata Pagi Weekday

Paket wisata yang pertama itu namanya Paket Wisata Pagi Weekday. Dengan paket ini, pengunjung bisa berfoto di spot wisata alam sepuasnya dan sudah mendapatkan 4 kupon senilai Rp. 20.000/orang.

Sesuai dengan namanya, paket ini berlaku setiap hari senin-jumat (weekday) mulai jam 07.00 – 09.00 WIB.

Baca Juga:   DISAWA PAWON, Resto Tengah Sawah Di Jogja Utara

Paket Jajan Weekend

Paket wisata yang kedua adalah Paket Jajan Weekend. Paket ini hanya berlaku pada hari Sabtu/Minggu mulai jam 07.00 – 10.00 WIB.

Paket Jajan Weekend Joglo Pari Sewu
Paket Jajan Weekend

Secara umum, paket ini sebenarnya mirip dengan paket yang pertama. Namun karena Weekend, ada sesuatu yang beda dan sedikit special karena Joglo Pari Sewu menyediakan menu makanan yang di sajikan di Taman Bambu. (jika cuaca memungkinkan)

Untuk dapat menikmati paket ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang senilai RP. 25.000/orang yang nantinya akan mendapatkan 5 kupon.

Selain untuk jajan/kuliner, kupon yang kita miliki bisa kita gunakan untuk masuk ke rumah boneka dan juga naik Floating Boat.

Paket Wisata Air dan Rumah Boneka

Paket wisata selanjutnya yang cukup menarik adalah Paket Wisata Air dan Rumah Boneka.

Panduan Keamanan Berenang
Panduan Keamanan Berenang dan Daftar Harga Wisata Air

Dengan menggunakan paket ini pengunjung bisa berenang, naik floating boat dan juga masuk rumah boneka hanya dengan menggunakan 4 kupon senilai Rp. 20.000/orang.

Nilai kupon ini sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan harga normal. Sebagai info saja, berikut harga naik floating boat dan masuk rumah boneka kalau menggunakan harga normal:

  • Naik Floating Boat Kecil                 : 3 kupon/orang/10 menit
  • Naik Floating Boat Besar               : 5 kupon/orang/10 menit
  • Masuk Rumah Boneka                   : 2 kupon/orang

Paket wisata air dan rumah boneka sendiri berlaku sepanjang hari dan di jam operasional (07.00 – 18.00 WIB). Tidak memperhitungkan Weekday ataupun Weekend.

Walaupun demikian untuk berenang dan floating boat hanya berlaku sampai dengan pukul 16.00 WIB.

LAYANAN LAIN

Melihat semakin banyaknya komunitas, sekolah ataupun kantor yang mengadakan kegiatan outbound di Joglo Pari Sewu, maka pihak pengelola pun akhirnya menawarkan beberapa layanan lain seperti:

  • Kelas Jemparingan/panahan
  • Kelas menghias pudding
  • Kelas menanam pohon
  • Bermain air di Kali Kuning

Aku sendiri kemarin cobain belajar jemparingan/panahan. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan.. Wkwk..

Jemparingan
Nyoba Jemparingan di Joglo Pari Sewu

Oh iya, karena Joglo Pari Sewu itu merupakan resto wisata jogja, maka mereka juga menyediakan layanan catering dalam kemasan nasi kotak (individu) maupun rantangan (porsi keluarga/rombongan). Secara harga, paket catering ini cukup fleksibel, mulai dari Rp. 12.500 dan tanpa minimal order.

Menarik kan?

KAPASITAS TEMPAT

Sebagai salah satu tempat yang cocok untuk berwisata atau kumpul bersama keluarga, aku sempat tanya ke pihak pengelola terkait kapasitas tempat ini.

Kalau cuaca baik dan semua tempat bisa digunakan, Joglo Pari Sewu ini katanya mampu menampung hingga 150 orang di waktu yang bersamaan.

Terlihat sedikit memang, tapi mungkin itu salah satu cara untuk membuat pengunjungnya merasa nyaman dan leluasa untuk menikmati semua spot dan fasilitas yang ada.

KONTAK DAN LOKASI

Jika kamu tertarik untuk mengadakan acara atau memang ingin mengajak keluarga bermain di Joglo Pari Sewu, kamu langsung saja meluncur ke lokasi yang ada di Bromonilan RT.008/RW.003, Bromonilan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.

Kalau bingung dengan alamatnya, langsung aja pakai Google Map ikuti peta berikut:

Info lebih lanjut, bisa kamu dapatkan di sini:

Website : www.jogloparisewu.com
IG : @jogloparisewu @kenyalkental_pudding
FB dan FP : Joglo Pari Sewu
Twitter : @parisewu

VLOG DI JOGLO PARI SEWU

Walaupun aku mulai jarang ngevlog, tapi ga tau kenapa ketika aku kemarin sampai di lokasi aku langsung kepikiran buat bikin video singkat.

Buatku, kalau tempatnya ga menarik dan ga special ngapain juga ngoceh di depan kamera. Toh, aku juga ga monetize video.. Hehe..

So, buat kamu yang penasaraan dengan suasana dan vlogku di Joglo Pari Sewu, monggo lihat aja video dibawah.

***

Mungkin itu sedikit informasi yang bisa aku berikan tentang pengalamanku ketika sabtu santai di Joglo Pari Sewu, resto wisata jogja. Semoga membantu dan bermanfaat ya.

8 thoughts on “Sabtu Santai Di Joglo Pari Sewu, Resto Wisata Jogja

    1. Io kak.. tempatnya asik.. cuma sayang kemaring ga sempet nyebur sama naik floating boat.. diriku juga kayaknya pengen ajak anak2 main air di sana.. sungainya menggoda… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.