Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 3i

Setelah beberapa waktu lalu aku menang lomba blog Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei, akhirnya pada bulan Desember 2018 lalu hadiah yang dinanti-nanti tiba.

Tanggal 6 Desember 2018 sore, sebuah motor berhenti di depan rumah. Setelah aku lihat ternyata abang kurir JNE memberikanku sebuah kotak kayu berisi smartphone Huawei Nova 3i. Rasanya udah pasti seneng dan udah ga sabar untuk di unboxing dan di review.

Huawei Nova 3i
Huawei Nova 3i Siap di Unboxing

Saking senengnya, malam hari setelah menerima paket kiriman dari Huawei, aku langsung melakukan unboxing dan sedikit hands on dari smartphone yang teramat kece tersebut. Oh iya, kebetulan smartphone yang aku peroleh warnanya iris purple ya.

Tanggal 8 Desember video Unboxing dan Hands On nya akhirnya bisa naik ke channel youtubeku dan bisa kamu lihat di sini.


Dari video tersebut aku ngerasa Huawei Nova 3i yang aku terima dari Huawei ini ga cocok buat cowok karena terlalu ngejreng dan cewek banget. Jadi akhirnya, Huawei Nova 3i ini aku jadikan kado ulang tahun buat istriku saja. Hehe..

Oke lanjut…

Berhubung aku sudah sempat bahas banyak soal Huawei Nova 3i di artikelku yang berjudul “Stylist dan Powerful, Smartphone Impianku Di 2018“, maka di artikelku kali ini aku akan lebih banyak mengulas soal pengalamanku menggunakan Huawei Nova 3i selama 1 bulan. Kira-kira apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini.

KELEBIHAN HUAWEI NOVA 3i

Setelah 1 bulan menjajal Huawei Nova 3i, aku merasa ada 3 kelebihan yang dimiliki.


DESAIN KECE


Kelebihan pertama yang langsung akan bisa kita temukan saat melihat Huawei Nova 3i adalah bagian desainnya.

Desain Huawei Nova 3i yang aku peroleh ini benar-benar kece dan menggoda. Warna iris purple yang merupakan gradasi warna biru ke ungu dibagian belakang smartphone membuatnya menjadi sangat menarik dan kekinian.

Huawei Nova 3i
Desain Belakang Huawei Nova 3i

Selain memiliki warna yang sangat menarik dan kekinian, Huawei Nova 3i juga dilengkapi oleh lapisan kaca di bagian belakangnya. Lapisan ini membuat smartphone menjadi semakin terlihat mewah dan premium.

Jika bagian belakang Huawei Nova 3i terlalu cantik untuk dipandang, maka bagian depan smartphonenya juga tidak mau kalah.

Bagian depan Huawei Nova 3i hadir dengan layar fullview display berukuran 6,3 inci yang dihiasi oleh poni atau notch. Dengan adanya notch, smartphone ini benar-benar terlihat kekinian karena mengikuti pasar smartphone di tahun 2018.

Huawei Nova 3i
Desain Depan Huawei Nova 3i

Kalau boleh jujur sih, aku sendiri suka dengan adanya notch pada sebuah smartphone. Tapi kalau kamu ga suka dengan notch, Huawei Nova 3i bisa menghilangkannya dengan seketika. Kamu cukup memilih menu “Hide notch” yang sudah diberikan pada menu “Menu->Display

Walaupun cukup cantik dan menggoda, aku mendapatkan beberapa kekurangan dari desain Huawei Nova 3i.

  • Pertama, Body kaca membuat smartphone cepat kotor dan meninggalkan jejak jari tangan. Jadi harus sering ngelap sama ngelus-ngelus smartphone kalau mau keliatan cantik terus. hehe
  • KeduaBodynya licin. Kalau kamu ga mau smartphone cantiknya kepleset ketika sedang dipegang, maka silakan kamu pasangkan kondom/silicon case yang sudah diberikan pada paket penjualannya.
  • KetigaKecenya desain Huawei kurang maksimal karena belum menggunakan USB Type-C alias masih menggunakan slot micro usb. wkwkwk

PERFORMA OKE


Kelebihan kedua dari Huawei Nova 3i ada di bagian performanya. Kenapa?

Menurutku, performa Huawei Nova 3i ini sangat kuat dan oke dari berbagai sisi mulai dari sisi prosesor, grafis, RAM, memori internal hingga baterai.

Huawei Nova 3i
AnTuTu Score Huawei Nova 3i

Buktinya dari skor AnTuTu Benchmark yang aku lakukan, aku memperoleh skor lebih dari 130 ribu, tepatnya 137917. Skor yang lumayan tinggi untuk smartphone di range harga 3,5 – 4 jutaan pada tahun 2018.

Dari sisi prosesor, Nova 3i sudah dibekali oleh prosesor HiSilicon Kirin 710 dengan fabrikasi 12 nm. Prosesor tersebut mampu memberikan hasil responsif yang halus, fitur foto AI dan pengalaman bermain yang imersif kepada penggunanya.

Kirin 710
Prosesor Hisilicon Kirin 710 (img: The Android Soul)

Selain itu, Prosesor ini juga didukung dengan GPU Turbo yang dapat membuat aktivitas bermain game menjadi semakin optimal. Walaupun belum semua game bisa merasakan GPU Turbo, namun menurutku sudah cukup oke untuk membuat smartphone ini sebagai Daily Driver.

Baca Juga:   Honor 7A Review: Tergoda Karena Harga Dan Kamera

Saat ini, aku merasa banyak orang mempertanyakan soal besaran RAM, internal storage dan juga kapasitas baterai yang diberikan ketika mau membeli smartphone.

Ketika mendapatkan pertanyaan seperti itu, dalam hati aku cuma bisa berkata: “Ehm, mungkin mereka sekarang sudah cukup cerdas dan selektif dalam mencari smartphone”

Huawei Nova 3i
RAM – Internal Storage Huawei Nova 3i

Nah, untuk RAM, Internal Storage aku mengakui jika Nova 3i ini juara dikelasnya karena telah menggunakan RAM 4 GB dengan internal storage 128 GB. Ukuran internalnya saja sama kaya SSD Laptopku, sangat besar untuk ukuran sebuah smartphone.

Sedangkan untuk kapasitas baterai, Huawei Nova 3i ini dibekali baterai berukuran 3340 mAH. Ukuran baterai yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aku sendiri cukup charge 1x sehari. Dan ketika pengisian daya juga lumayan cepat.

Untuk membuktikan performa dari smartphone Huawei Nova 3i, aku mencoba bermain game dan juga melakukan multitasking yang sangat banyak.

Huawei Nova 3i
Coba Multitasking di Huawei Nova 3i

Dari situ aku mendapatkan hasil yang cukup menggembirakan. Aktivitas multitasking yang aku lakukan dapat dilibas dengan mudah oleh smartphone ini.

Jadi ketika aku membuka banyak aplikasi sekaligus, aku tidak merasakan penurunan performa yang signifikan. Mau buka WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, Email, YouTube, Nonton Iflix, dan aplikasi Office lancar jaya.

Huawei Nova 3i
Main Mobile Legend di Huawei Nova 3i

Ketika aku mencoba bermain game Mobile Legend Bang-Bang, aku dapat bermain dengan lancar dan smooth dengan settingan grafis high. Kalau ga lancar itu cuma kalau koneksi internetnya bermasalah. Wkwk.

Sedangkan ketika aku bermain game PUBG Mobile, secara default settingannya ada di Medium. Aku coba naikkan settingan grafis ke high, dan ternyata masih mampu digunakan untuk bermain dengan lancar.

Huawei Nova 3i
Settingan Grafis Default PUBG Mobile Huawei Nova 3i

Selancar-lancarnya digunakan untuk bermain game PUBG Mobile, aku merasakan beberapa hal yang tidak mengenakkan di sini.

  • Pertama, Smartphone terasa cepat panas ketika digunakan game PUBG Mobile dengan grafis high.
  • Kedua, Notch yang aktif cukup mengganggu ketika digunakan untuk bermain game PUBG Mobile. Solusinya kita “Hide Notch“, maka kita bisa lebih nyaman ketika bermain.
Huawei Nova 3i
Notch di game PUBG Mobile Huawei Nova 3i

KAMERA BAGUS, FITUR MELIMPAH


Kelebihan yang paling membuatku tergoda adalah bagian kamera dan fitur yang ada di Huawei Nova 3i.

Aku ga akan banyak bahas di sini, karena kalau dibahas banyak banget dan aku sendiri belum sempat coba semua fiturnya. Rencananya nanti akan aku buatkan artikel sendiri saja. So, tungguin aja.

Oke sekarang aku mau ulas beberapa hal umum dari 4 kamera berteknologi AI dari Huawei Nova 3i.

KAMERA BELAKANG HUAWEI NOVA 3i

Secara umum Huawei Nova 3i dilengkapi oleh dua kamera di bagian belakang dengan resolusi 16MP + 2MP. 

Resolusi dual kamera belakangnya itu terlihat cukup standar. Namun secara hasil bisa diandalkan dan yang penting tangkapan kameranya juga cepet.

Huawei Nova 3i
Kamera Huawei Nova 3i

Hasil dari kamera ini juga oke dan cukup tajam. Selain itu smartphone ini juga dilengkapi oleh banyak fitur dan teknologi yang dapat digunakan untuk membuat hasil foto semakin ciamik dan keren. Salah satunya adalah fitur AI.

Teknologi AI itu cukup membantu ketika kita akan mengambil foto, karena dapat mengenali banyak hal dari objek foto sekaligus menyesuaikan pengaturan kamera ke pengaturan terbaiknya sehingga mampu memberikan detail yang alami, jelas dengan info yang akurat.

Namun ga tau kenapa aku merasa hasil kamera yang diambil dengan mengaktifkan fitur AI warnanya lebih vivid dan kadang sedikit lebay. Walaupun akhirnya tetap aku aktifkan terus. wkwk.

KAMERA DEPAN HUAWEI NOVA 3i

Jika aku menganggap kamera belakang Huawei Nova 3i itu oke, maka kamera depannya lebih oke daripada kamera belakangnya alias dan oke banget.

Huawei Nova 3i
Kamera Depan Huawei Nova 3i

Selain masih dilengkapi teknologi AI yang sama dengan kamera belakang, kamera depan Huawei Nova 3i ini memiliki 2 kamera dimana resolusinya lebih besar daripada kamera belakang, yakni 24MP + 2MP.

Baca Juga:   Nyoba Aplikasi Gaming Mode Biar Ngegame Makin Tenang

Dengan resolusi yang besar dan teknologi yang sama dengan kamera belakang tersebut, Huawei memang terkesan sengaja menjadikan kamera depan Nova 3i sebagai senjata andalan. Hebatnya lagi mereka percaya diri dengan mengatakan jika HUAWEI nova 3i merupakan AI Selfie Master

Maklum kaum milenial di Indonesia lebih suka cari smartphone yang penting bagus di pakai selfie sama wefie. Biar mereka bisa eksis di sosmed. Spesifikasi mah nomor dua.. Wkwk..

Setelah hampir 1 bulan kencan dan foto bareng mbak nova 3i. Aku harus mengakui jika aku jadi kecanduan selfie dengan dia. Hasil selfienya kece badai, tajam, bokehnya alus. Benar-benar menyenangkan melihat hasil kamera depannya.

Oh iya, aku mau kasih sedikit saran aja kalau mau selfie pakai kamera depan Huawei Nova 3i. Tapi sebelumnya lihat dulu fotoku ini. Kamu suka yang mana?

Huawei Nova 3i
hasil kamera depan Huawei Nova 3i dengan perbandingan beauty level

Aku sendiri lebih suka foto kedua karena lebih natural dan mukaku juga ga terlalu mulus seperti foto pertama.

Jadi kalau bisa perhatikan dan aturlah efek Beauty yang ada. Jangan sampai mukamu terlalu mulus, melebihi mulusnya kulit Yoona SNSD.Kalau aku sendiri lebih memilih efek Beauty di set “0”. Tapi itu balik lagi sama selera masing-masing.

CONTOH HASIL KAMERA HUAWEI NOVA 3i

Biar semakin mantap dengan hasil kamera Huawei Nova 3i, ini aku coba kasih beberapa hasil foto yang aku ambil menggunakan kamera smartphone tanpa editing apapun.

Huawei Nova 3i
Foto Taman Sari Pakai Huawei Nova 3i
huawei nova 3i
Foto landscape dengan langit menggunakan huawei nova 3i
Huawei Nova 3i
Foto Bunga Anggrek Huawei Nova 3i
 Huawei Nova 3i
Foto low light Huawei Nova 3i
Huawei Nova 3i
Contoh foto mode Panorama Huawei Nova 3i
Huawei Nova 3i
Contoh foto dengan Fitur AR Lens mode Effect

PEREKAMANAN VIDEO HUAWEI NOVA 3i

Kalau tadi sudah soal hasil foto menggunakan kamera belakang Huawei Nova 3i, sekarang aku mau menambahkan sedikit informasi soal kualitas perekaman video dari smartphone ini.

Untuk perekaman menggunakan kamera belakang, Huawei Nova 3i mampu merekam hingga resolusi FHD 1080p (60 fps). Walaupun defaultnya masih FHD 1080p (30 fps).

Sedangkan untuk perekaman kamera depan, Huawei Nova 3i sudah mampu merekam hingga resolusi HD 720p.

Jadi kalau kamu suka ngevlog atau mau ngevlog pakai smartphone ini, aku sih menyarankan agar resolusi kamera depan sama belakangnya disamakan biar kualitas dan waktu editing enak. Hehe..

Ini contoh perekaman video yang telah aku coba menggunakan Huawei Nova 3i.

Test Slow Motion Huawei Nova 3i

Nah kalau video di atas aku coba tes fitur Slow motion menggunakan smartphone Huawei Nova 3i, maka ini contoh perekaman video yang aku peroleh ketika kondisi cahaya cukup dan kurang cahaya.

KEKURANGAN HUAWEI NOVA 3i

Dari tadi kesannya aku memuji Huawei Nova 3i terus, padahal sebenarnya ga semua yang ada di smartphone ini dapat memuaskanku.

Berikut ini beberapa kekurangan dari Huawei Nova 3i yang aku temukan dan aku rasakan.

Huawei Nova 3i
Slot micro usb Huawei Nova 3i
  • Body licin dan mudah meningalkan bekas.
  • Belum dilengkapi fitur Fast charging.
  • Masih menggunakan Micro USB (belum USB Type C)
  • Slot SIM masih menggunakan Hybrid bukan Triple Slot.
  • Belum semua game bisa merasakan performa dari GPU Turbo
  • Notch yang ada seringkali mengganggu ketika digunakan untuk main game. Solusinya, harus dilakukan Hide Notch.
  • Belum di lengkapi fitur NFC, padahal ke depan fitur ini cukup menjanjikan.
  • Tidak ada fitur Image Stabilization
  • Keyboard terlalu sensitif, jadi suka meleset ke bagian navigasi home.
  • Efek Beauty pada kameranya sering kali mengasilkan foto yang terlalu kejam dan terlalu halus.

VIDEO PENGALAMAN PAKAI HUAWEI NOVA 3i

Berhubung videonya masih dalam proses editing, maka akan aku update dikemudian hari. Namun secara umum videonya tidak akan jauh beda dengan apa yang sudah aku tuliskan di artikel ini.

***

Mungkin itu sedikit banyak informasi tentang Huawei Nova 3i yang aku rasakan berdasarkan pengalaman selama 1 bulan pemakaian. Namun secara umum aku sendiri suka dengan smartphone ini. Ga banyak masalah, jarang lag dan enak banget buat dijadikan daily driver.

Semoga apa yang aku tulis ini dapat memberikan gambaran buat kamu yang mau cari smartphone di kisaran harga 3,5-4 jutaan.

10 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 3i

  1. tuh kan bener warnanya yang mencolok kurang cocock dipamai cowok, dari awal rilis saya mikir kok warnanya gini amat ya, bisa lebih kalem ga, hahahaha

    tapi kalo untuk kamera bagus sih memang, hasilnya muantap

    1. Ia untuk warnanya sedikit ngejereng dan cewe banget.. ya, akhirnya aku hibahkan ke istriku.. wkwk

      Kalau mau yang cowok cari yang warna hitam mas.. itu keliatan keren sama solid.. cocok buat cowok..

  2. jujurnya kmrn desember aku udh pgn beli nova 3i ini mas. tp akhirnya batal dan pilih merk lain. yg bikin ga jd milih ini, pas liat bbrp video youtube yg mereview perbandingan nova dengan hp sejenisnya
    . pas dr kamera ada bbrp yg nova 3i unggul, tp ada juga yg gbrnya masih ga setajam saingannya.

    tp yg bikin aku cancel beli, pas liat video..jd si perekam memakai nova 3i , lalu hp saingan, sambil bicara di rekamannya. naaaah, suara si perekam jd sedikit beda pas pakai nova 3i. padahal itu di ruangan yg sama. suaranya jd beda lah, sementara pake hp 1 nya ga berubah. itu aja sih yg bikin aku cancel beli 🙁 . kalo foto2nya mah, aku akuin bagus :). walopuuuun aku lbh memilih huawei p20 pro wkwkwkwk

    1. nah kalau itu aku juga ngerasain hal yang sama.. Untuk video memang karena ga ada OIS nya jadi kemungkinan goyang besar. Kalau yang suaranya itu belum pernah ngalami.. 😀

      Kalau milih P20 pro dah pasti okenya mbak.. aku juga mau… wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.