Nyoba Aplikasi Gaming Mode Biar Ngegame Makin Tenang

Sialan ada WA masuk.. ganggu lagi main aja.” ujar seorang remaja yang lagi main game online di warung Burjo sebelah rumah.

Aku pura-pura mendekat ke abang penjual Burjo buat pesan minum sambil sedikit mengintip game yang ada di smartphone remaja itu. Ternyata ia lagi main game Mobile Legend bareng sama teman di sebelahnya.

Kejadian seperti yang dialami oleh remaja itu sudah jadi suatu hal yang biasa oleh banyak orang, khususnya ketika smartphonenya belum memberikan fasilitas “Game Mode.

Aku tau, karena sering mengalami sendiri. Ketika sedang asik main game selalu ada dua hal yang membuat kesal dan menggangu mood bermain.

Hal pertama yang paling mengganggu adalah masalah koneksi yang tiba-tiba putus, dan masalah kedua adalah ketika tiba-tiba notifikasi WA atau sosmed masuk.

Game Mobile Legend
Ada WA Masuk Waktu Main Game Mobile Legend

Nah, karena masalah notifikasi ini sering dialami oleh banyak pengguna smartphone, kali ini aku mau kasih tau cara main game di smartphone android tanpa gangguan notifikasi.

Mengaktifkan fitur Game Mode

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan cara mengaktifkan fitur yang namanya Game Mode di smartphone yang kita gunakan.

Sebenarnya fitur ini bisa jadi cara paling aman karena langsung berasal dari teknologi yang dibawa oleh smartphone, jadi tidak perlu install aplikasi lewat google play. Selain itu, fitur ini akan memblokir notifikasi agar tidak muncul dan yang lainnya untuk meningkatkan performa smartphone ketika diajak main game.

Namun sayang, tidak semua smartphone mendukung fitur Game Mode.

Fitur Game Mode di Smartphone
Fitur Game Mode di Smartphone (img: okezone.com)

Bahkan ketika aku mencoba untuk mengaktifkan fitur game mode di Huawei Nova 3i, aku tidak menemukan fiturnya. Padahal banyak yang bilang kalau Nova 3i sudah didukung fitur Game Mode dan GPU Turbo.

Kesimpulan dari cara yang pertama ini adalah tidak semua smartphone android mendukung fitur game mode. Jadi ya, kemungkinan besar notifikasi WA akan tetap menghantui penggunanya ketika sedang bermain game.

Menginstall aplikasi Gaming Mode Lewat Google Play

Cara kedua ini lebih umum dan dapat digunakan di semua smartphone Android.

Ngomong-ngomong soal aplikasi Game Mode dari play store, aku sendiri lebih suka menggunakan aplikasi yang namanya Gaming Mode – The Ultimate Game Experience Booster.

Kalau kamu mau pakai aplikasi game mode lain juga ga masalah sih, banyak kok di Google Play dan biasanya fungsinya sama. Tapi kalau aku install aplikasi itu biasanya lihat reviewnya dulu. Wkwk.

Aplikasi Gaming Mode
Aplikasi Gaming Mode di Google Play Store

Aplikasi ini di developed oleh Zappcues dan berukuran hanya 4.14 MB. Ga terlalu besar untuk ukuran sebuah aplikasi android.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Gaming Mode ini, kita cukup mengunduh aplikasi, kemudian install seperti biasanya. Jika sudah selesai terinstall, silakan kamu klik “OPEN” dan jalankan aplikasinya..

Aplikasi Gaming Mode
Aplikasi Gaming Mode Berhasil di Install

Pertama kali menjalankan aplikasi Gaming Mode – The Ultimate Game Experience Booster ini, kita akan diberikan sedikit informasi tentang fitur yang ditawarkan.

Ada 5 fitur yang ditawarkan:

  • Auto Call Reject & Notification Blocking
  • Disable Auto Brightness
  • Clear Background Apps
  • Manage Wifi & Volume Settings
  • Privacy Policy
The Ultimate Game Experience Booster
Fitur Aplikasi Gaming Mode – The Ultimate Game Experience Booster

Langkah selanjutnya kita bisa memilih mengatur Global Settings atau langsung memilih game apa saja yang kita inginkan untuk terhindar dari gangguan. Asiknya lagi, kita bisa milih banyak game sekaligus.

Setting Game Mode
Memilih Game dan Mengatur Individual Setting

Jika game sudah dipilih, klik save dan lanjutkan dengan mengatur

Baca Juga:   Pilih Smartwatch Atau Smartband, Antara Gaya Dan Kebutuhan
Individual Game Settings. Banyak hal yang dapat diatur, mulai dari pengaturan Wifi hingga Clear Background Apps.

Silakan sesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Namun saran dari aku sih lebih baik aktifkan Auto Reject Call dan Notification Blocking saja.

Notification Blocking Gaming Mode
Notification Blocking Gaming Mode

Dua menu itu sudah cukup membuat notifikasi aplikasi seperti WA dan juga panggilan telepon tidak akan masuk ketika kamu sedang bermain game.

Sedikit catatan, ketika kamu mencoba mengaktifkan menu Auto Reject Call, biasanya ada warning “SET AS DEFAULT PHONE APP”. Jika kamu menemukan info tersebut, maka kamu sebenarnya diberi tawaran oleh aplikasi Gaming Mode ini agar mengubah aplikasi default ketika kamu akan melakukan panggilan telepon.

Setting Gaming Mode
Warning pada Auto Reject Call Setting

Kalau tidak mau mengubahnya, silakan tekan cancel saja. Tapi kalau kamu yakin dan ingin benar-benar mengaktifkan fitur Auto reject call ketika bermain game dengan aplikasi ini ya silakan klik “Set Default

Gampang kan?

***

Mungkin itu aja sedikit tips dariku terkait cara main game di smartphone android tanpa gangguan notifikasi.

Aku sendiri sampai sekarang masih menggunakan aplikasi ini ketika main Mobile Legend bareng sama ponakanku. Yang pasti, aplikasi gaming mode ini penting biar ngegame makin tenang. Haha..

4 thoughts on “Nyoba Aplikasi Gaming Mode Biar Ngegame Makin Tenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.