5 Cara Transfer Uang Tanpa ATM Dan Rekening Bank

Dunia perbankan memang sudah berubah, berubah sangat cepat. Aku masih ingat kalau dulu pertama kali punya rekening bank itu sekitar tahun 90an waktu masih SD. Saat itu nama rekeningku itu ada tambahan keterangan nama ibuku dan juga aku belum kenal sama yang namanya kartu ATM.  (ketahuan umurnya.. wkwk)

Lha sekarang, kamu pasti bisa merasakan sendiri bagaimana perubahan yang terjadi. Aku yakin, hampir semua orang yang punya rekening Bank pasti punya kartu ATM. Bahkan punya kartu Kredit juga. Ia kan?

Kalau aku tanya lagi: “berapa banyak rekening bank dan kartu ATM yang kamu miliki saat ini

Aku jamin, banyak yang jawab lebih dari satu. Bener to? Soalnya aku juga gitu. haha..

transaksi elektronik
Beberapa Kartu yang sering aku gunakan untuk transaksi elektronik

Fasilitas ATM itu membuat kita semakin mudah dalam segala hal yang berkaitan dengan uang. Mulai dari tarik uang, transfer sampai dengan pembelian dan pembayaran online dapat kita gunakan dengan kartu ini.

Walaupun semakin dipermudah, namun masalah mungkin baru terjadi ketika kita sedang pergi di suatu tempat yang jauh dari mesin ATM. Apalagi di saat yang bersamaan ada beberapa kebutuhan yang harus kita lakukan seperti transfer uang ke seseorang. 

Dengan keadaan yang seperti itu, satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah menggunakan smartphone kita untuk bisa transfer uang. Hidup di jaman teknologi memang enak, semua jadi lebih simple dan mudah. Bikin mager (malas gerak) terus.

Pertanyaannya, apakah kamu tahu kalau sebenarnya ada banyak cara transfer uang tanpa ATM dan Rekening Bank? Yuk kita coba bahas satu-persatu.

Aplikasi Mobile Banking

Cara pertama yang paling umum untuk transfer uang lewat smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking dari Bank. 

Sayangnya kalau menggunakan Mobile Banking kita masih diharuskan memiliki rekening bank terlebih dahulu. Jadi  untuk aplikasi yang satu ini pembahasannya aku lewati ya walaupun sangat membantu ketika harus melakukan transfer uang tanpa ATM. 

Aplikasi OVO

OVO
Aplikasi OVO di Smartphoneku

Nah, cara kedua yang biasa aku pakai adalah dengan menggunakan aplikasi yang namanya OVO. Kamu pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini.

Dalam satu tahun belakangan ini OVO memang sedang banyak memberikan promo menarik bagi para pelanggannya. Yang pasti aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan pengguna smartphone dalam bertransaksi. 

Salah satu keunggulan lain dari aplikasi OVO adalah kita bisa melakukan transfer uang tanpa perlu ATM dan rekening bank. Caranya seperti berikut: 

  • Install aplikasi OVO di smartphonemu.
  • Buka aplikasi OVO yang sudah terinstall, silakan registrasi dan kemudian masuk ke halaman utama aplikasi.
  • Setelah sampai di halaman utama aplikasi OVO, silakan pilih menu Transfer.
  • Kemudian pilih apakah kamu mau transfer antar OVO, Scan, atau ke Rekening Bank.
Transfer Uang dengan OVO
Tampilan Proses Transfer Uang dengan OVO

Tidak terlalu sulit, tinggal ikuti saja langkahnya. Namun tidak semua orang bisa menggunakan fitur transfer ini.

Jadi kalau kamu mau menggunakan fitur transfer uang menggunakan aplikasi OVO, kamu harus upgrade dulu. Cara upgradenya ada dua cara, yaitu secara online dan juga langsung datang ke booth OVO terdekat.

Baca Juga:   Lindungi Hak Pilih Di Pemilu 2019 Dengan Cara ini

Kalau secara online, nanti kita hanya diminta mengupload kartu identitas dan juga foto selfie kita sambil memegang kartu identitas yang sebelumnya diunggah. Selanjutnya tinggal tunggu saja konfirmasi dari OVO.

Aplikasi DOKU

Untuk cara ketiga yang bisa digunakan untuk melakukan transfer uang tanpa ATM dan rekening Bank adalah dengan cara menggunakan aplikasi yang bernama DOKU.

Doku E-Wallet
Aplikasi Doku E-Wallet

Buat yang belum tahu, DOKU adalah penyedia layanan pembayaran elektronik dan manajemen resiko pertama di Indonesia. Mereka hadir sekitar tahun 2007 lalu. Beberapa fitur transaksi keuangan yang diberikan oleh DOKU meliputi jual, bayar, beli, kirim, dan pinjam.

Langkah menggunakan fasilitas transfer uang dengan aplikasi DOKU sendiri cukup mudah.

  • Pastikan kamu sudah menginstall dan registrasi akun DOKU di Smartphonemu
  • Setelah masuk ke halaman utama aplikasi DOKU, kita hanya perlu menu “Transfer
  • Ada dua pilihan transfer yang bisa kita pilih yaitu transfer ke sesama pengguna DOKU atau ke akun Bank seseorang
DOKU
Tampilan Proses Transfer Uang dengan Doku

Jika akan melakukan transfer ke sesama pengguna DOKU, kamu cukup memasukkan DOKU ID/Email tujuan, Nominal Transfer dan juga Pesan/berita transfernya, kemudian dilanjutkan dengan tombol konfirmasi.

Sedangkan jika kita memilih Akun Bank, maka kita perlu memilih Bank Penerima, memasukkan rekening bank penerima, nominal transfer dan pesan/berita transfer yang kemudian baru dilanjutkan dengan tombol konfirmasi.

Walaupun cukup mudah digunakan, namun sama seperti aplikasi OVO sebelumnya, fitur transfer ini baru bisa digunakan jika kita sudah menjadi user premium.

Untuk dapat membuat akun kita menjadi premium, kita akan diminta melengkapi profil kita dan juga menggunggah identitas pribadi seperti KTP/SIM atau Passport.

Aplikasi DANA

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk transaksi keuangan seperti transfer uang tanpa ATM dan rekening Bank adalah dengan menggunakan aplikasi DANA.

Aku sendiri belum lama tahu aplikasi ini. Tapi kalau kamu terbiasa membuka aplikasi marketplace seperti BUKALAPAK, pasti kamu tidak akan asing dengan aplikasi yang bernama DANA ini.

Jadi DANA sendiri merupakan salah satu dompet digital yang sedang naik daun. Walaupun secara umur dapat dikatakan masih sangat muda karena aplikasinya baru diresmikan pada akhir tahun 2018 lalu, namun DANA memiliki jaringan dan juga fitur yang sangat menarik.

Dengan menggunakan tagline “Apapun Transaksinya, Selalu Ada DANA”, mereka cukup percaya diri dapat menjadi dompet digital para penggunanya.

Aplikasi DANA
Aplikasi Dana

Fitur andalannya sendiri meliputi :

  • Beli Google Play Voucher tanpa harus ke minimarket atau pakai kartu kredit
  • Isi Saldo semakin mudah dengan Kartu Debit
  • DANA Premium User bisa Tarik Saldo/transfer kapanpun dan di manapun
  • Memberikan beberapa penawara Voucher menarik lewat DANA Pocket

Berhubung aku juga belum lama menginstall aplikasi DANA, jadi aku sendiri belum sempat melakukan upgrade user menjadi premium. Walaupun demikian, cara untuk upgrade usernya tidak sulit kok. Kita cukup mengupload foto ID kita lewat aplikasi, masukkan Nomor ID dan Nomor Kartu Keluarga dilanjutkan dengan upload foto selfie kita.

Tunggu sistem melakukan Verifikasi, kemudian selesai.

Transfer Uang dengan DANA
Tampilan Proses Transfer Uang dengan DANA

Nah, kalau cara untuk transfer uang dengan menggunakan aplikasi DANA caranya bagaimana?

Baca Juga:   Cara Mudah Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Yang pasti, masih mirip seperti beberapa aplikasi sebelumnya.

  • Pastikan kita sudah install aplikasi DANA di smartphone kita
  • Pilih menu “Send
  • Masukkan nominal uang yang akan di transfer, kemudian pilih “Send to
  • Sama seperti DOKU, akan ada dua pilihan cara pengiriman uang, yaitu dengan memasukkan nomor telepon pengguna aplikasi DANA atau dengan cara memilih Bank Account.
  • Ikuti saja petunjuk yang ada hingga selesai. Dan prosesnya tidak sulit.

Aplikasi GO-PAY

Cara terakhir yang menurutku untuk bisa melakukan transfer uang tanpa ATM adalah dengan cara menggunakan Aplikasi GO-PAY dari GO-JEK.

GO-PAY
Fitur GO-PAY dari Aplikasi GO-JEK

Kamu pasti sudah sangat tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. GO-PAY merupakan dompet virtual yang dimiliki oleh GO-JEK, jadi untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kita cukup menginstall aplikasi GO-JEK terlebih dahulu.

Sama seperti OVO, GO-PAY juga memiliki beragam fitur menarik untuk melakukan transaksi keuangan. Walaupun demikian, GO-PAY belum bisa digunakan untuk mengirim uang ke rekening bank seseorang. Jadi hanya bisa mengirim uang ke sesama pengguna aplikasi GO-PAY.

Tampilan GO-PAY
Tampilan GO-PAY Di Aplikasi GO-JEK

Cara transfer uang menggunakan GO-PAY adalah seperti Berikut:

  • Buka aplikasi GO-JEK yang sudah terinstall di smartphone kita
  • Pilih menu PAY/BAYAR
  • Masukkan Nomor HP atau pilih kontak orang yang ingin dikirimi uang lewat GO-PAY dengan cara menggeser ke atas menu Pay to Phone Number/Bayar Lewat Nomor HP.
  • Isi jumlah nominal uang yang akan kamu transfer, kemudian lakukan konfirmasi
  • Jika sudah, lanjutkan dengan tombol bayar dan masukkan pin GO-PAY mu.

Proses transfer uang dengan menggunakan GO-PAY selesai. Jadi kalau kamu penasaran sama proses abang GO-JEK ketika membeli makanan GO-FOOD dengan GO-PAY, ya begitu itu caranya.

***

Mungkin itu sedikit informasi yang bisa aku berikan tentang 5 cara transfer uang tanpa ATM dan Rekening Bank. Dengan semakin banyaknya aplikasi yang mendukung industri FINTECH, aku yakin kita akan semakin dibuat mager. Semoga infonya ini bisa bermanfaat ya..

Nah, kira-kira kamu udah pakai aplikasi apa saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.